Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu per Bulan dari Jasa Raharja? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 25 Januari 2021 06:40
Beredar sebuah narasi bahwa pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan A mendapatkan bantuan covid-19 dari asuransi Jasa Raharja sebesar Rp900 ribu setiap bulan. Narasi ini tampak pada tangkapan layar yang beredar di WhatsApp, baru-baru ini.
 
Berikut narasi selengkapnya:

"Yang sudah punya sim C dan A, coba di cek apakah sim C dan sim A anda dapat bantuan covid-19 900. 000/bulan dari asuransi Jasa Raharja selama
4 bulan syarat utama SIM masih berlaku / valid.
Mulai Januari / Mei 2021 di
linkini
yasir.web.id/Bantuan-pem…"


 
[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu per Bulan dari Jasa Raharja? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan A mendapatkan bantuan covid-19 dari asuransi Jasa Raharja sebesar Rp900 ribu setiap bulan, adalah salah. Faktanya, PT Jasa Raharja sudah memberikan klarifikasi. PT Jasa Raharja memberi label hoaks pada narasi tersebut. Masyarakat diminta berhari-berhati terhadap berita hoaks mengenai Jasa Raharja.

"Semua berita mengenai Jasa Raharja hanya akan di informasikan melalu media sosial Jasa Raharja," seperti dimuat dalam akun instagram Jasa Raharja, 21 Januari 2021.


Berikut selengkapnya:
 
"Hai Jasfren, Jasmin ingin mengingatkan untuk selalu hati-hati terhadap berita hoax mengenai Jasa Raharja. Karena, semua berita mengenai Jasa Raharja hanya akan di informasikan melalu media sosial Jasa Raharja.
 
So, stay safe Jasfren!
 
#JasaRaharja
#BUMNUntukIndonesia."

 

[Cek Fakta] Yang Punya SIM C dan A dapat Bantuan Covid-19 Rp900 Ribu per Bulan dari Jasa Raharja? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan A mendapatkan bantuan covid-19 dari asuransi Jasa Raharja sebesar Rp900 ribu setiap bulan, adalah salah. Faktanya, PT Jasa Raharja sudah memberikan klarifikasi.
 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CKS5woSh0z3/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif