Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] 5 Orang Satu Rumah Meninggal Serentak Usai Divaksin? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 18 Juli 2021 10:01
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa sebanyak lima orang dalam satu rumah meninggal bersamaan usai divaksin di Probolinggo, Jawa Timur. Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Yusuf Agan yang turut mengunggah video dengan narasi tersebut, Minggu 18 Juli 2021. Akun itu juga membuat narasi terkait video itu. Berikut selengkapnya:

"KORBAN VAKSIN BERJATUHAN..."


 
[Cek Fakta] 5 Orang Satu Rumah Meninggal Serentak Usai Divaksin? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa video itu memperlihatkan lima orang dalam satu rumah meninggal bersamaan usai divaksin di Probolinggo, Jawa Timur, adalah salah. Faktanya, video itu memperlihatkan peristiwa di luar Probolinggo. Seperti dimuat Turnbackhoax.id dari berbagai sumber, peristiwa itu terjadi di Lamongan pada Minggu 11 Juli 2021 di Masjid Al karomah, Desa Sumurgayam, Paciran, Lamongan, Jawa Timur.
 
Kelima jenazah itu bukan berasal dari satu keluarga atau satu rumah. Mereka berasal dari dua desa berbeda. Dua jenazah dari Desa Sumurgayam dan sisanya dari Desa Paciran.
 
Kelima jenazah itu disalatkan dan dimakamkan secara bersamaan karena lokasi dan waktunya berdekatan. Kelima jenazah itu dipastikan meninggal tidak ada kaitannya dengan covid-19.
 

[Cek Fakta] 5 Orang Satu Rumah Meninggal Serentak Usai Divaksin? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa video itu memperlihatkan lima orang dalam satu rumah meninggal bersamaan usai divaksin di Probolinggo, Jawa Timur, adalah salah. Faktanya, video itu memperlihatkan peristiwa di luar Probolinggo.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] 5 Orang Satu Rumah Meninggal Serentak Usai Divaksin? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2021/07/18/salah-video-di-probolinggo-16-juli-2021-meninggal-bersama-5-orang-serumah-setelah-di-vaksin/
https://www.facebook.com/groups/409111336167832/posts/1179661975779427
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif