Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Eksekusi Mati Penyebar Khilafah di Arab Saudi? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta arab saudi hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 18 Agustus 2022 15:56
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan eksekusi mati penyebar paham khilafah di Arab Saudi. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter inimembagikan video tersebut pada 8 Agustus 2022. Pada unggahan videonya, terlihat kerumunan orang di pinggir jalan. Pada video disertai narasi sebagai berikut:
 
“Gaes sengaja ini vidio guwe tutupi yaaa..karena tak nyaman untuk ditonton
Konon katanya ini Penyebar Khilafah di arab di pancong lehernya di tengah jalan,”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Video Eksekusi Mati Penyebar Khilafah di Arab Saudi? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan eksekusi matipenyebar paham khilafah di Arab Saudi adalah salah. Faktanya, video tersebut memperlihatkan eksekusi wanita asal Myanmar atas tuduhan pelecehan seksual dan pembunuhan anak tirinya di Arab Saudi.
 
Melalui reverse image, beberapa potongan video identik dimuat beberapa artikel seperti Vice pada artikel berjudul “Woman Is Publicly Beheaded in Saudi Arabia’s Tenth Execution of 2015” dimuat pada 16 Januari 2015. Merujuk artikel itu, rekaman eksekusi yang beredar di media sosial menunjukkan otoritas Saudi memenggal seorang wanita, warga asal Myanmar, bernama Lalia Bint Abdul Muttablib Basim pada 2015.
 
Bashim dinyatakan bersalah oleh pengadilan Syariah Saudi atas pelecehan seksual dan pembunuhan putri tirinya yang berusia tujuh tahun.
 
Pula, potongan video serupa dimuat Middle East Eye pada artikel berjudul “Saudi Arabia publicly beheads a woman in Mecca” diunggah 22 Desember 2015.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan eksekusi matipenyebar paham khilafah di Arab Saudi adalah salah.Faktanya, video tersebut memperlihatkan eksekusi wanita asal Myanmar atas tuduhan pelecehan seksual dan pembunuhan anak tirinya di Arab Saudi pada tahun 2015.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Eksekusi Mati Penyebar Khilafah di Arab Saudi? Begini Faktanya
 
Referensi:
-https://www.vice.com/en/article/zm5dpy/woman-is-publicly-beheaded-in-saudi-arabias-tenth-execution-of-2015
-https://www.middleeasteye.net/fr/news/saudi-arabia-publicly-behead-woman-mecca-256083516
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif