Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Narasi pada Foto Islam Nusantara Salat Berlatar Belakang Salib Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 14 Agustus 2020 13:42
Beredar sebuah foto memperlihatkan sejumlah orang tengah menunaikan ibadah salat. Pada foto yang beredar, terdapat tanda salib tergantung di dinding belakang.
 
Akun Facebook Munzirin mengunggah foto tersebut pada 12 Agustus 2020. Pemilik akun menambahkan narasi bernada provokatif pada unggahan fotonya. Berikut narasinya:

"Islam Nusantara itu nabinya siapa ya...?
Tuhannya Yesus juga ya.....?
terus kitabnya mungkin kitab STENSIL....??"


 
[Cek Fakta] Narasi pada Foto Islam Nusantara Salat Berlatar Belakang Salib Hoaks

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim yang menyertai foto tersebut tidak benar. Dilansir Kominfo.go.id, foto itu adalah foto anggota PACIkatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Sagulung Kota Batam yang sedang melaksanakan ibadah salat maghrib saat diundang ke acara pentas seni di Jambore Pelajar Katolik yang diadakan di Yayasan Tunas Karya. Pada saat itu sedang turun hujan dan masjid jaraknya cukup jauh dari lokasi acara. Tempat tersebut bukan tempat ibadah atau gereja melainkan aula yang lokasinya terpisah dari gereja dan steril dari hewan yang dalam hukum Islam dihukumi najis Mugholadhoh.
 
Pula, dilansir CekFakta.com, pelintiran narasi terhadap foto tersebut bukan yang pertama kali. Pada tahun 2018 lalu, terdapat klaim yang menyebutkan orang-orang tersebut salat di gereja.
 
Akun facebook bernama ShonHaji Zuhri memberikan klarifikasi sebagai berikut:
 
"Foto-foto yang beredar mengenai Orang² yang sedang melaksanakan kewajiban sholat (maghrib) dan saat ini viral itu bukan editan, tapi banyak #PELINTIRAN (dikatakan sholat di gereja), karena saya (ShonHaji) salah seorang yang ada di dalamnya.
 
PAC. IPNU/IPPNU Kec. Sagulung Kota Batam di Undang untuk mengisi acara Pentas Seni di Jambore Pelajar Katholik yang diadakan di Yayasan Tunas Karya (SD KATHOLIK St. Ignasius Loyola /Sekolah Berasrama) Rempang – Galang"
 

Baca Juga:[Cek Fakta] Foto Aa Gym Simpan Sepasang Simbol Mirip Salib Kembar? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Narasi pada Foto Islam Nusantara Salat Berlatar Belakang Salib Hoaks
 

Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, klaim yang menyertai foto tersebut tidak benar. Dilansir Kominfo.go.id, foto itu adalah foto anggota PAC IPNU/IPPNU Kecamatan Sagulung Kota Batam yang sedang melaksanakan ibadah salat maghrib saat diundang ke acara pentas seni di Jambore Pelajar Katolik yang diadakan di Yayasan Tunas Karya.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Narasi pada Foto Islam Nusantara Salat Berlatar Belakang Salib Hoaks
 

Referensi:
https://kominfo.go.id/content/detail/28553/disinformasi-foto-islam-nusantara-shalat-berlatar-belakang-salib/0/laporan_isu_hoaks
https://cekfakta.com/focus/4619
https://archive.md/KmLl0
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

Baca:Cek Fakta Medcom.id Buka Hotline Aduan Konten Hoaks
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif