Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Beredar Link Subsidi Kuota Belajar 75 GB? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Subsidi Kuota
M Rodhi Aulia • 04 Januari 2021 07:41
Beredar sebuah link dengan narasi subsidi kuota belajar sebesar 75 gigabita (GB). Link ini beredar melalui WhatsApp, baru-baru ini.
 
Berikut selengkapnya:

"https://subsidi.kuotabelajar.xyz/?c=75GB
 
15:51:11
Berlaku hanya sampai 10 Januari 2021."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Beredar <i>Link</i> Subsidi Kuota Belajar 75 GB? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa link itu terkait dengan subsidi kuota belajar sebesar 75 GB, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.
 
Di sisi lain, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sempat memberikan subsidi kuota pada 2020 lalu. Namun hingga awal pekan Januari 2021, belum ada keputusan untuk pemberian subsidi kuota kembali.
 
Meski demikian, telah muncul sejumlah dukungan agar subsidi kuota itu tetap berlanjut. Dukungan itu di antaranya datang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda.

"Bu Sri Mulyani juga minta bantuan kuota data ini diteruskan di 2021," kata Plt Kepala Pusdatin Kemendikbud Hasan Chabibie seperti dilansir Medcom.id, 31 Desember 2020.


Pula Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata Hasan, Presiden juga menyinggung soal subsidi kuota sebagai langkah mitigasi dalam konteks pandemi.
 
Subsidi kuota ini diyakini efektif bagi warga pendidikan untuk menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hasan menegaskan pihaknya juga tengah mengevaluasi program ini agar lebih efektif dan efisien.

"Kita akan terus perbaiki," tegas Hasan.


 
[Cek Fakta] Beredar <i>Link</i> Subsidi Kuota Belajar 75 GB? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa link itu terkait dengan subsidi kuota belajar sebesar 75 GB, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar <i>Link</i> Subsidi Kuota Belajar 75 GB? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8Kylzz6k-kemendikbud-presiden-dan-menkeu-dukung-subsidi-kuota-dilanjutkan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif