Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang Tewas Termasuk Kedua Pengantin? Cek Faktanya

Medcom Files Pernikahan hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 12 Mei 2022 17:27
Beredar sebuah artikel yang judulnya menarasikan adanya pesta pernikahan berujung duka. Pada foto sampul yang digunakan, terlihat tenda roboh yang diklaim menjadi lokasi berlangsungnya pesta pernikahan. Disebutkan, ada 25 korban jiwa meninggal termasuk kedua pengantin.
 
Situs media-kabar[dot]xyz membagikan artikel tersebut pada 8 Mei 2022.Berikut narasi pada judul artikel:
 
"Innalillahi Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang T3was Termasuk Kedua Pengantin Di Tempat. Semoga Husnul Khotimah, Aminn”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Foto Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang Tewas Termasuk Kedua Pengantin? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada artikel yang beredar bahwa ada 25 orang meninggal dunia termasuk kedua pengantin dalam pesta pernikahan adalah salah. Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
 
Melalui reverse image, foto yang memperlihatkan tenda yang roboh dimuatsitus beritamanado.com pada artikel berjudul "Cuaca Buruk di Bolmut, Wabup Amin Lasena Nyaris Tertimpah Tenda Pernikahan yang Ambruk". Pada artikel yang dimuatpada Minggu, 18 Oktober 2020 itu, dijelaskan bahwa tenda robohakibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Bolmong Utara, Sulawesi Utara.
 
Masih merujuk artikel ini, salah satu warga bernama Sarif Ponongoa mengaku menyaksikan langsung kejadian tersebut. Dia mengatakan, para tamu undangan langsung berhamburan di tengah jalan, untuk menghindar dari tenda yang roboh.
 
Dalam acara pernikahan tersebut Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena juga nyaris menjadi korban. Menurut penuturan warga saat kejadian, Wabup Amin Lasena baru mulai akan membawakan sambutan di acara pernikahan tersebut.
 
Wabup Amin Lasena saat dikonfirmasi menjelaskan, saat itu tiba-tiba angin berhembus kencang menyebabkan terpal terlepas dari ikatan dan besi tenda mulai bergerak. Dirinya mengatakan beruntung saat kejadian dia langsung keluar dari tenda sebelum roboh.
 

[Cek Fakta] Foto Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang Tewas Termasuk Kedua Pengantin? Cek Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada artikel yang beredar bahwa ada 25 orang meninggal dunia termasuk kedua pengantin dalam pesta pernikahan adalah salah. Faktanya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Foto Pesta Pernikahan Berubah Jadi Duka, 25 Orang Tewas Termasuk Kedua Pengantin? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://beritamanado.com/cuaca-buruk-di-bolmut-wabup-amin-lasena-nyaris-tertimpah-tenda-pernikahan-yang-ambruk/
-https://manado.tribunnews.com/2020/10/18/breaking-news-angin-kencang-wakil-bupati-bolmut-nyaris-tertimpa-tenda-di-acara-nikah
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif