Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Habib Umar Abdullah Assegaf Pakai Plat Nomor Palsu? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 22 Mei 2020 13:07
Beredar narasi bahwa salah satu tokoh agama di Pasuruan, Jawa Timur, Habib Umar Abdullah Assegaf menggunakan mobil bukan dengan plat nomor polisi yang sebenarnya. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook EW yang turut mengunggah narasi tersebut pada Kamis 21 Mei 2020. Akun itu menilai plat nomor polisi menjadi salah satu alasan Habib Umar cekcok dengan sejumlah petugas pembatasan sosial berskala besar (PSBB), yang videonya viral beberapa waktu lalu.
 
Akun ini juga mengunggah sebuah tangkapan layar. Dalam tangkapan layar itu, seharusnya plat nomor polisi N 1 B digunakan Toyota Vios berwarna silver metalik. Namun plat nomor polisi N 1 B itu ternyata digunakan pada mobil Camry hitam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut narasi lengkapnya: "Pantesan si Umar ngamuk2, takut ketauan plat no N 1 B ditukarnya ke mobil warna hitam.
Bisa kena Tilang dan pasal pemalsuan...
Oalah kok berani gitu ya..."

 
Unggahan akun ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 297 emotikon dan 122 komentar.
 

[Cek Fakta] Habib Umar Abdullah Assegaf Pakai Plat Nomor Palsu? Ini Faktanya
 

 
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa salah satu tokoh agama di Pasuruan, Jawa Timur, Habib Umar Abdullah Assegaf menggunakan mobil bukan dengan plat nomor polisi yang sebenarnya, adalah salah. Faktanya plat nomor N 1 B memang terdaftar untuk mobil Camry berwarna hitam.
 
Dilansir Kumparan.com, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan tangkapan layar yang beredar itu, adalah hoaks. Ia memastikan plat nomor N 1 B terdaftar untuk Camry hitam.
 
"Itu hoaks. Ini data dari Ditlantas Polda Jatim: No Pol N-1-B. Atas nama Umar Abdullah Assegaf. Jenis Sedan. Tipe Toyota Camry. Warna Hitam Metalik-2016," kata Trunoyudo, seperti dilansir Kumparan.com, Jumat 22 Mei 2020.
 
Pernyataan Trunoyudo senada dengan data yang tercantum dalam situs e-Samsat Jatim. Bahwa benar plat nomor polisi N 1 B terdaftar untuk mobil Camry berwarna hitam.
 

[Cek Fakta] Habib Umar Abdullah Assegaf Pakai Plat Nomor Palsu? Ini Faktanya
 

Berikut artikel selengkapnya:
 
Hoax Buster: Kabar Habib Umar Assegaf Pakai STNK Palsu Tak Benar
 
Video ketegangan petugas Satpol PP dan polisi dengan Habib Umar Abdullah Assegaf beredar di media sosial. Dalam video yang beredar di media sosial, Habib Umar dan anggota Satpol PP terlibat adu pukul.
 
Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra, membenarkan kejadian itu. Dia menyebut, insiden itu terjadi di Exit Tol Satelit, Surabaya, Rabu (20/5) sore.
 
Insiden itu diawali saat mobil sedan Toyota Camry bernopol N 1 B itu hendak masuk ke Kota Surabaya. Kemudian, petugas menghentikannya di check point Exit Tol Satelit.
 
Musababny, mobil tersebut mengangkut 5 orang. Teddy menilai, hal itu menyalahi aturan PSBB karena kendaraan hanya boleh berisi 50 persen dari kapasitas.
 
Saat diminta putar balik, diduga Habib Umar yang berada di mobil itu menolak. Sehingga terjadi aksi saling adu mulut dan berujung dengan adu pukul.
 
Video itu kemudian ditanggapi warganet beragam. Bahkan muncul foto bahwa kendaraan bernopol N 1 B yang diitumpangi Habib Umar itu menggunakan STNK palsu.
 
Plat nomor mobil yang ditumpangi Habib Umar diduga bukan Toyota Camry, namun Toyota Vios. Tangkapan layar identitas plat nomor itu beredar di media sosial.
 
Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan tangkapan layar yang beredar itu adalah hoaks.
 
"Itu hoaks. Ini data dari Ditlantas Polda Jatim: No Pol N-1-B. Atas nama Umar Abdullah Assegaf. Jenis Sedan. Tipe Toyota Camry. Warna Hitam Metalik-2016," ujar Trunoyudo dalam keterangannya, Kamis (21/5).
 
kumparan kemudian mengecek ke situs e-Samsat Jatim dan menemukan identitas nomor polisi N 1 B itu sesuai yang diungkapkan Trunoyudo.

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa salah satu tokoh agama di Pasuruan, Jawa Timur, Habib Umar Abdullah Assegaf menggunakan mobil bukan dengan plat nomor polisi yang sebenarnya, adalah salah. Faktanya plat nomor N 1 B memang terdaftar untuk mobil Camry berwarna hitam.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
https://kumparan.com/kumparannews/hoax-buster-kabar-habib-umar-assegaf-pakai-stnk-palsu-tak-benar-1tSaExHrLg0/full
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif