Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Memukul Telapak Kaki Korban Sengatan Listrik sebagai Pertolongan Pertama Hoaks, Begini Faktanya

Medcom Files tersengat listrik hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 03 Februari 2022 20:08
Beredar klaim yang menyebutkan memukul telapak kaki sebagai pertolongan pertama pada orang yang tersengat listrik. Klaim ini beredar di media sosial.
 
Akun TwitterRUDI VALINKA(@kurawa) membagikan klaim tersebut pada 6 Januari 2022. Akun itu mengunggah video yang menunjukkan seseorang yang tersengat listrik. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:

"Jika kita melihat ada orang yg kesetrum Listrik dikisaran 10-15 detik maka sbg pertolongan pertama segera pukul telapak kakinya agar darah kembali mengalir ke seluruh tubuh.
 
Silahkan dishare kpd seluruh sahabat dan kerabat kita yah ????"


Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Memukul Telapak Kaki Korban Sengatan Listrik sebagai Pertolongan Pertama Hoaks, Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa memukul telapak kaki sebagai pertolongan pertama pada orang yang tersengat listrik adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli.
 
DilansirKompas.com, Dokter umum di Puskesmas Gedongan, Kota Mojokerto, Jawa Timur, dr Wahyu Tri Kusprasetyo mengatakan, langkah pertolongan pertama korban kesetrum yang dibagikan di media sosial itu keliru.

"Yang pertama (dilakukan) apabila melihat korban kesetrum, pastikan kondisi sekitar aman dan arus listrik tidak ada," kata Trikus, Jumat 7 Januari 2022.


Pula, dikutip dariU.S. National Library of Medicineseperti dilansirHellosehat.com, ada lima langkah yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama saat orang lain tersengat listrik. Pertama, mematikan sumber arus listrik. Ketika melihat orang lain tersengat listrik, pastikan untuk tidak langsung menyentuhnya. Jika situasi cukup aman dan memungkinkan, Anda bisa mematikan sekering atau panel listrik yang menjadi sumber aliran listrik yang menyambar.
 
Kedua, mendorong tubuh korban dengan benda isolator. Anda bisa memanfaatkan benda-benda yang tidak dapat menghantarkan listrik yang terdapat di sekeliling, seperti karpet, sapu, meja, kursi, tongkat atau benda apapun yang terbuat dari kayu, kertas, dan karet.
 
Ketiga, mencari pertolongan medis. Setelah berhasil melepaskan korban dari sengatan listrik, segera periksa keadaan korban, terutama pernapasan dan denyut nadi. Keempat, memeriksa kondisi tubuh korban. Jika korban menunjukkan tanda-tanda syok seperti lemas, mual, bernapas cepat, dan wajah memucat, segera baringkan tubuh korban dengan posisi kaki lebih terangkat di atas kepala.
 
Saat pernapasan melambat atau Anda tidak dapat merasakan pernapasan korban, lakukanlah resusitasi jantung paru atau CPR dan memberikan napas buatan. Pastikan Anda juga menghangatkan tubuh korban dengan selimut atau pakaian apabila korban suhu tubuhnya menurun.
 
Terakhir, jika sengatan listrik menyebabkan luka bakar pada tubuh, segera cegah luka bakar menyebar dengan melepaskan pakaian di sekitar bagian kulit yang terbakar dengan air.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa memukul telapak kaki sebagai pertolongan pertama pada orang yang tersengat listrik adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Memukul Telapak Kaki Korban Sengatan Listrik sebagai Pertolongan Pertama Hoaks, Begini Faktanya

 

Referensi:
-https://turnbackhoax.id/2022/02/02/salah-memukul-telapak-kaki-orang-yang-tersengat-listrik-sebagai-pertolongan-pertama/
-https://hellosehat.com/hidup-sehat/pertolongan-pertama/kesetrum-listrik/
-https://www.kompas.com/cekfakta/berita/132210182-hoaks-memukul-telapak-kaki-korban-kesetrum-untuk-pertolongan-pertama?page=2
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif