Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022 di Jalan Tol Ini Hoaks, Begini Fakta Sebenarnya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Mudik 2022
Wanda Indana • 26 April 2022 09:55
Viral sebuah video yang memperlihatkan kemacetan panjang kendaraan di sebuah jalan tol. Video itu dipersepsikan sebagai arus mudik Lebaran 2022.
 
Video itu beredar di sejumlah platform media sosial. Kanal YouTube yanzar 31 ikut membagikan video tersebut pada Senin, 25 April 2022.

"Jalan tol macet panjang" judul pada video yang beredar.


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Video Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022 di Jalan Tol Ini Hoaks, Begini Fakta Sebenarnya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan kemacetan panjang arus mudik Lebaran 2022 di sebuah jalan tol adalah salah. Faktanya, video ini sudah diklarifikasi pihak Jasa Marga. Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menjelaskan kejadian pada video yang beredar diambil di jalan tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan Ramadan).
 
"Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 atau sebelum bulan puasa," jelas Heru dalam keterangannya, Minggu 24 April 2022.
 
Kemacetan panjang itu terjadi, lanjut Heru, dikarenakan pemberlakuan satu arah dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta, sehingga berimbas terjadinya kemacetan panjang. Hal tersebut berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Tol Jagorawi, di antaranya Tol JORR yang terintegrasi dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek.
 
"Untuk mencairkan kepadatan tersebut, berdasarkan diskresi kepolisian, saat itu Jasa Marga memberlakukan contraflow di jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17 sampai dengan Km 8 (Cimanggis hingga Pasar Rebo)," tambahnya.
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan kemacetan panjang arus mudik Lebaran di jalan tol adalah salah. Faktanya, video ini sudah diklarifikasi pihak Jasa Marga.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Video Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2022 di Jalan Tol Ini Hoaks, Begini Fakta Sebenarnya
 

Referennsi:
-https://www.liputan6.com/news/read/4947367/viral-video-arus-mudik-tol-padat-jasa-marga-itu-rekaman-sebelum-bulan-puasa
-https://www.merdeka.com/peristiwa/jasa-marga-video-viral-macet-panjang-itu-di-tol-jagorawi-kejadian-sebelum-ramadan.html
-https://www.beritasatu.com/ramadan/920093/soal-video-viral-macet-ini-penjelasan-jasa-marga
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif