Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Foto Rombongan Pemotor Pakai Kaos Bertulisan "Haram Dukung Anies Baswedan" ? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Anies Baswedan klub dan komunitas hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 20 Mei 2022 11:33
Beredar sebuah foto yang menunjukkan rombongan pemotor kompak mengenakan kaos bertuliskan “Haram Dukung Anies Baswedan”. Fto ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini turut membagikan tersebut pada Minggu, 8 Mei 2022. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:

"Ada yang menarik saat ini beberapa pengendara roda 2 berpaian kaus bertulisan haram dukung Anies"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Viral Foto Rombongan Pemotor Pakai Kaos Bertulisan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkanrombongan pemotor kompak mengenakan kaos bertuliskan “Haram Dukung Anies Baswedan" adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil rekayasa digital. Melalui reverse image, foto yang beredar tersebut merupakan dokumentasi kegiatan komunitas motor sport Ducati saat menggelar parade pada 24 Agustus 2008 di Jakarta. Foto identik salah satunya dimuat situs blog stephenlangitan.wordpress.com pada 25 Agustus 2008 pada artikel berjudul “Hot Event: Fast Forward fX lifestyle X’nter”.
 
Foto di situs itu tidak ada tulisan“Haram Dukung Anies Baswedan”.Kaos para pemotor dalam tampak polos, tidak ada tulisan sama sekali. Pada artikel di blog juga dijelaskan bahwa27 pemotor yang tergabung dalam komunitas Ducati Desmo Owners Club Indonesia (DDOCI) datang dan berkumpul di Automall SCBD dalam rangka menghadiri undangan di sebuah gedung baru di sebelah Pintu Satu Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat.
 

[Cek Fakta] Viral Foto Rombongan Pemotor Pakai Kaos Bertulisan
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkanrombongan pemotor kompak mengenakan kaos bertuliskan “Haram Dukung Anies Baswedan" adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil editan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Viral Foto Rombongan Pemotor Pakai Kaos Bertulisan
 

Referensi:
https://stephenlangitan.wordpress.com/2008/08/25/hot-event-fast-forward-plaza-fx-sudirman/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif