Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Siswi SMA Melahirkan di Toilet Sekolah? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 16 Agustus 2022 16:42
Beredar unggahan sejumlah foto yang diklaim memperlihatkan seorang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) melahirkan di toilet sekolah. Salah satu foto memperlihatkan sosok bayi di dalam kloset yang diangkat seorang petugas.
 
Akun Facebook ini membagikan foto-foto tersebut pada Rabu, 10 Agustus 2022. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Viralll beredar video seorang siswi melahirk4n di toilet sekolah.. awal nya ada seorang penjaga sekolah yang curiga melihat siswa masuk ketoilet sambil menangis dan memeluk perut nya, tak lama terdengar suara bayi menangis, penjaga sekolah lantas melapor ke guru dan di cek ternyata benar siswi tersebut melahirk4n seorang bayi dan bayi nya masuk ke dalam toilet sekolah, banyak siswa yang menyakisikan sambil mengambil gambar dan video, dengan cepat penjaga sekolah mengambil bayi yang basah masuk ke dalam toilet.
Ini video jelas nya"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Foto Siswi SMA Melahirkan di Toilet Sekolah? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada sejumlah foto yang beredar memperlihatkan seorang siswi SMA melahirkan di toilet adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan penemuan bayi di toilet bandara Sepinggan, Kalimantan Timur, empat tahun lalu.
 
Melalui reverse image, foto identik diunggah situs berita PojokSatu.id pada artikel berjudul "Pelajar Buang Bayi di Toilet Bandara, Begini Kronologinya" dimuat 20 Oktober 2018. Merujuk artikel tersebut, seorang pelajar membuang bayi di toilet Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 19 Oktober 2018, malam. Pelaku diketahui berinisial ND berusia 18 tahun, pelajar yang saat itu masih duduk di bangku kelas 3 salah satu SMA di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
 
Menurut Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Mahfud Hidayat, kronologi penemuan bayi di toilet bandara SAMS pertama kali ditemukan oleh petugas Cleaning Service (CS) Bandara. Saat itu, Hasriani tengah membersihkan toilet A2 di sebelah barat pintu kedatangan bandara. Hasriani bergegas melaporkan temuannya itu kepada Setiawan Nur (25), petugas Avsec Bandara SAMS.
 
“Kemudian saksi II (Setiawan Nur) melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Bandara (SAMS),” ungkap Mahfud.
 
Bayi yang diketahui berjenis kelamin laki-laki itu sempat dibawa ke Rumah Sakit TNI AU namun tak terselamatkan.
 
Kesimpulan:
Klaim pada sejumlah foto yang beredar memperlihatkan seorang siswi SMA melahirkan di toilet adalah salah. Faktanya, foto tersebut memperlihatkan penemuan bayi di toilet bandara Sepinggan, Kalimantan Timur, empat tahun lalu.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Beredar Foto Siswi SMA Melahirkan di Toilet Sekolah? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://pojoksatu.id/news/berita-nasional/2018/10/20/pelajar-buang-bayi-toilet-bandara-begini-kronologinya/
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif