Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

Nanas, Lobak dan Kemiri Ampuh Obati Asam Urat? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 22 November 2019 14:00
Informasi yang menyebut buah nanas, lobak dan kemiri berkhasiat mengobati penyakit asam urat, beredar di media sosial. Disebutkan cara pembuatan resep tersebut, mencampurkan ketiga bahan tersebut lalu diblender. Informasi itu juga menjalar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.
 
Akun Facebook Melany Sam's turut membagikan informasi itu ke laman grup Grup Resep Membuat Kue pada Jumat, 15 November 2019. Unggahan itu mendapat 1,2 ribu reaksi, 210 komentar, dan telah 423 kali dibagikan.
 
Berikut secara lengkap narasi dari unggahan tersebut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Ramuan untuk Asam Urat Bahan :
1 buah Nanas
1/2 buah kecil Lobak
3 butir Kemiri
 
Cara : Blender semua
 
1 resep bisa untuk 2-3 kali minum.
 
In Syaa Allah Asam Urat sembuh, diminum rutin selama pengobatan.
Disarankan supaya disesuaikan dengan kondisi pasien ya...cek terlebih dahulu riwayat penyakit lainnya , barangkali ada efek samping.
 
Untuk penderita diabetes mungkin tidak bisa minum ini, karena ada nanas khawatir memicu gula darah tinggi.
Untuk yang punya penyakit asam lambung juga mungkin akan berpengaruh. ????
 
Semoga bermanfaat

 

Nanas, Lobak dan Kemiri Ampuh Obati Asam Urat? Ini Faktanya
 

 
Penelusuran:
Berdasarakan penelusuran, informasi yang menyebut campuran nanas, lobak, dan kemiri dapat menyembuhkan penyakit asam urat adalah salah. Dilansir dari Viva.co.id, Ahli Gizi Dr. Marudut MPS mengatakan campuran ketiga bahan tersebut tidak teruji secara ilmiah untuk menyebuhkan asam urat.
 
"Belum ada riset terkait hal itu, belum ada standarnya juga. Apalagi per orang kan pasti efeknya beda-beda, kalau belum ada penelitian secara pasti," jelas Dr. Marudut MPS
 
Marudut menyarankan masyarakat tidak menggunakan bahan yang belum terbukti keampuhannya. Ia melanjutkan, penelitian yang sudah terbukti ampuh yaitu dari penggunaan daun kelor. Kandungan kuersetin pada daun kelor, mampu menghambat terjadinya asam urat di tubuh. Sehingga, konsumsi jus nanas sebaiknya tidak serta merta dipercaya begitu saja.
 
"Daun kelor yang sudah terbukti ampuh untuk asam urat karena mengandung kuersetin. Itu jauh lebih baik dicoba dan diminum karena sudah teruji secara ilmiah. Kandungan daun kelor akan menghambat dan menonaktifkan senyawa purin menjadi asam urat. Itu sudah terbukti dibandingkan jus nanas yang belum memiliki penelitian ilmiahnya," terang dia.
 

Kesimpulan:
Informasi yang menyebut campuran nanas, lobak, dan kemiri dapat menyembuhkan penyakit asam urat adalah salah. Berita bohong tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content (konten palsu).
 
Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

Referensi:
https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/882360-jus-nanas-mampu-sembuhkan-asam-urat-benarkah
 

Sumber:
https://www.facebook.com/search/top/?q=nanas%20lobak%20kemiri&epa=SEARCH_BOX
 


 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif