Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Anies Baswedan tri rismaharini ahok-djarot hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 25 Mei 2022 14:27
Beredar video yang judulnya menarasikan Presiden Joko Widodo menunjuk Tri Rismaharini menggantikan posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Video itu beredar di media sosial
 
Akun Facebook ini membagikan video itu pada Sabtu, 21 Mei 2022. Berikut narasi judul pada video yang beredar:

"Berita Terbaru - Tepat Pada Hari ini, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies ?"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies? Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar Jokowi resmi menunjuk Risma menggantikan Anies adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sesuai. Setelah disimak, video berdurasi8 menit 6 detik itu hanya berisi gabungan video yang memperlihatakan aktivitas Anies Baswedan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Tidak ada pembahasan terkait Jokowi menunjuk Risma untuk menggantikan posisi Anies.
 
Narator dalam video membahas nama-nama kandidat yang dianggap layak menduduki posisi Pj Gubernur DKI Jakarta. Sampai saat ini, Rabu 25 Mei 2022, Pemerintah Pusat belum menentukan nama pengganti Anies.
 
Tenaga Ahli Utama KSP, Ali Mochtar Ngabalin, menjelaskan pihak Istana belum menentukan sosok yang akan menggantikan Anies sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Hingga saat ini, sudah ada tiga nama yang diisukan bakal memimpin Jakarta mulai dari Oktober 2022 - Oktober 2024.
 
"Sampai hari ini belum ada. Bahwa kalau ada beberapa media diberitakan, mungkin kreativitas media, atau kalau wacana itu sedang berkembang di DPRD, monggo saja, tapi dari Istana dan Bapak Presiden belum ada arahan," ujar Ngabalin di Jakarta, seperti dilansir Tempo.co, Senin, 23 Mei 2022.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies adalah salah. Faktanya, antara judul dan isi video tidak sesuai.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://nasional.tempo.co/read/1594331/istana-belum-pastikan-sosok-penjabat-gubernur-pengganti-anies-baswedan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif