Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Paus Fransiskus Berada di Kuil Setan? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files paus fransiskus hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 29 April 2022 20:55
Beredar foto yang memperlihatkan Paus Fransiskus sedang berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia. Foto ini beredar di media sosial.
 
Akun twitterLaDonna (@lhampt7242) mengunggah foto itu pada 16 April 2022. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
“I am posting this in picture form for those that will close their eyes in disbelief! Too late! You will never be able to unsee this! The Pope in a Catholic Church, upside down cross, Baphomet behind him and he is standing on the Satanic Pentagram Star!

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terjemahan: “Saya mengunggah ini dalam bentuk gambar untuk mereka yang akan menutup mata karena tidak percaya! Sangat terlambat! Anda tidak akan pernah bisa melihat ini! Paus di Gereja Katolik, salib terbalik, Baphomet di belakangnya dan dia berdiri di Bintang Pentagram Setan!”

 

[Cek Fakta] Beredar Foto Paus Fransiskus Berada di Kuil Setan? Cek Dulu Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkanPaus Fransiskus berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan.
 
Dilansir AFP, foto tersebut berasal dari film dokumenter 2017 oleh majalah VICE tentang kuil setan di Kolombia dan pendirinya, Victor Damian Rozo, yang mengaku sebagai keturunan iblis.
 
Lalu, foto tersebut digabungkan dengan fotoPaus Fransiskus di aula Paus Paulus VI di Vatikan.
Gambar itu diambil oleh jurnalis foto Angelo Carconi untuk kantor berita Spanyol EFE dan menunjukkan paus di Vatikan.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Paus Fransiskus Berada di Kuil Setan? Cek Dulu Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkanPaus Fransiskus berada di Kuil Setan Lucifer di Kolombia adalah salah. Faktanya, foto tersebut hasil suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Paus Fransiskus Berada di Kuil Setan? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9PQ8VF-1
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif