Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Presiden Xi Jinping Masuk Masjid dan Minta Doa Umat Islam Atas Krisis yang Terjadi di Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 05 Februari 2020 18:06
Beredar sebuah video memperlihatkan Presiden Tiongkok Xi Jinping mengunjungi salah satu masjid di Tiongkok. Di sana, Xi Jinping masuk ke dalam masjid dan bertemu sejumlah jemaah masjid.
 
Xi tampak dikelilingi jemaah dan berbincang sambil berdiri. Usai berbincang, tampak jemaah bertepuk tangan. Kemudian Xi keluar masjid dan menyalami jemaah satu per satu.
 
Akun facebook Ptq Abdillah menyebarkan video tersebut pada Selasa 4 Februari 2020. Akun Ptq Abdillah juga menarasikan bahwa kunjungan Xi ini dalam rangka meminta doa dari jemaah atas krisis yang tengah dialami Tiongkok saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Presiden Cina xi jinping mengunjungi masjid dan meminta umat Islam untuk berdoa di negara yang sedang dilanda krisis ini. Kami membutuhkan bantuan Anda," tulis akun facebook Ptq Abdillah. Seperti diketahui, virus Korona mewabah di Tiongkok. Berawal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei. Belakangan virus ini ditetapkan berstatus darurat global.
 
Pasalnya terkonfirmasi lebih dari 24.500 kasus virus Korona yang tersebar di 26 negara. Mayoritas terjadi di Tiongkok dengan korban meninggal dunia sebanyak 490 di Tiongkok dari total 492 orang di seluruh dunia.
 

[Cek Fakta] Presiden Xi Jinping Masuk Masjid dan Minta Doa Umat Islam Atas Krisis yang Terjadi di Tiongkok? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa Xi meminta doa terkait krisis yang saat ini mewabah di Tiongkok, adalah salah. Faktanya video tersebut merupakan kunjungan Xi ke Masjid Xincheng di Yinchuan, ibu kota Wilayah Otonomi Ningxia Hui pada 19 Juli 2016.
 
Dilansir Republika.co.id, Xi mengunjungi masjid di wilayah barat Tiongkok. Dalam kesempatan itu, ia mendorong kaum muslim Tiongkok mempromosikan harmoni sosial dan menolak penyusup agama.
 
Pula dijelaskan dalam artikel itu, Pemerintah Tiongkok membantah membatasi praktik keagamaan. Justru, dalam konstitusi Tiongkok, kebebasan beragama dijamin, termasuk muslim.
 
"Agama di negara kita, yang endemik maupun orang-orang dari luar negeri, telah sangat tertanam dalam peradaban Cina, yang sejarahnya mencakup lebih dari 5.000 tahun," kata Xi.
 
Berikut artikel selengkapnya:
 
Kunjungi Masjid, Xi Jinping Ajak Muslim Tolak Penyusup Agama
 
REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping melakukan kunjungan ke masjid di wilayah Muslim di barat Cina. Dalam kunjungannya, ia mengatakan Muslim Cina harus mempromosikan harmoni sosial dan menolak penyusup di agama mereka.
 
Ada sekitar 21 juta Muslim di Cina. Selama ini konstitusi Cina menjamin kebebasan beragama, tapi kelompok-kelompok hak asasi mengatakan Partai Komunis Cina membatasi praktik keagamaan, khususnya Muslim. Cina membantah tegas tuduhan tersebut.
 
Mengunjungi Nixia, rumah bagi sekitar 2,4 juta Muslim, Xi mengatakan Muslim Cina harus mempraktikkan agama mereka sebagai bagian dari masyarakat Cina. China Daily melaporkan pada Kamis (21/7), Xi juga meminta Muslim Cina meneruskan tradisi patriotik.
 
"Agama di negara kita, yang endemik maupun orang-orang dari luar negeri, telah sangat tertanam dalam peradaban Cina, yang sejarahnya mencakup lebih dari 5.000 tahun," kata Xi saat mengunjungi masjid di Yinchuan.
 
Xi mengatakan Muslim harus tegas menentang kegiatan penyusup ilegal ke agama mereka. Xinhua melaporkan, Xi juga meminta Muslim mempromosikan kerukunan beragama dan sosial.
 
Pemerintah Cina mengatakan telah menghadapi kenaikan jumlah ekstremis, terutama di Xinjiang. Beijing selama ini menyalahkan ekstremis asing untuk memanaskan ketegangan terutama di Xinjiang.
 
Banyak kelompok hak dan buangan meragukan keberadaan ekstremis di Xinjiang. Mereka mengatakan Uighur di Xinjiang marah karena kebijakan represif Cina.

 

[Cek Fakta] Presiden Xi Jinping Masuk Masjid dan Minta Doa Umat Islam Atas Krisis yang Terjadi di Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa Presiden Tiongkok Xi Jinping meminta doa terkait krisis yang saat ini mewabah di Tiongkok, adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Sumber:
https://www.facebook.com/YOGI.SARTIKA/videos/2989275787758727/
 

Referensi:
https://republika.co.id/berita/oangvg366/kunjungi-masjid-xi-jinping-ajak-muslim-tolak-penyusup-agama
 


 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif