Tangkapan kabar palsu di media sosial
Tangkapan kabar palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Viral Spanduk 'Kalau Tidak Suka Jokowi Silakan Hengkang dari Indonesia'? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 16 Januari 2020 20:20
Beredar sebuah foto memperlihatkan spanduk di sebuah taman. Spanduk itu memuat tulisan yang ditujukan kepada siapa saja yang anti terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Mereka yang anti terhadap Jokowi diminta hengkang dari Indonesia. Hal itu seperti diunggah akun facebook Ra Tna di grup facebook "JOKOWI PRESIDEN 2 PERIODE" pada Rabu 15 Januari 2020.
 

[Cek Fakta] Viral Spanduk 'Kalau Tidak Suka Jokowi Silakan Hengkang dari Indonesia'? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Berikut narasi di spanduk tersebut:
"ANDA KALO TIDAK SUKA JOKO WIDODO SILAHKAN HENGKANG DARI NKRI." Unggahan akun Ra Tna itu menuai banyak tanggapan. Terdiri dari 1.000 emotikon lebih, 358 komentar dan 29 kali dibagikan. Di antara komentarnya dari akun facebook Ellok Tracker.
 
"Bentangkan terus sampai yg gk suka sama pk jokowi kabur dari negri ini aku setujuuuu," tulis akun Ellok Tracker.
 
Akun facebook Midun Syaputra turut membagikan foto spanduk tersebut. Ia mengunggah di grup facebook "JOIN"(JOKOWI MA'RUF AMIN )"2P"2019-2024"pada Kamis 16 Januari 2020.
 
Unggahan akun Midun ini juga banyak direspons warganet. "Indonesia butuh orang cinta damai, yg mncintai negrinya jg pemimpinnya, apalagi presiden kt joko widodo is the best," kata akun facebook Sutarni Tarni.
 

[Cek Fakta] Viral Spanduk 'Kalau Tidak Suka Jokowi Silakan Hengkang dari Indonesia'? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id, spanduk yang memuat tulisan "ANDA KALO TIDAK SUKA JOKO WIDODO SILAHKAN HENGKANG DARI NKRI" itu, adalah salah. Faktanya spanduk itu ditujukan kepada pihak manapun yang tidak suka terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
"ANDA TIDAK SUKA DENGAN ANIS BASWEDAN SILAHKAN PINDAH KE PROVINSI LAIN," demikian spanduk seperti dilansir Detik.com pada Selasa 14 Januari 2020.
 

[Cek Fakta] Viral Spanduk 'Kalau Tidak Suka Jokowi Silakan Hengkang dari Indonesia'? Ini Faktanya
 

Dalam artikel itu dijelaskan terjadi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 14 januari 2020. Sejumlah orang tergabung dalam kelompok pendukung Anies Baswedan.
 
Mereka memasang sejumlah spanduk di seberang Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Di antaranya spanduk bertuliskan "ANDA TIDAK SUKA DENGAN ANIS BASWEDAN SILAHKAN PINDAH KE PROVINSI LAIN."
 
Kemudian spanduk bertuliskan "Kalau Tidak Betah.. Tinggalkan Jakarta. Kami Akan Membangun Jakarta Bersama Anis Baswedan" dan "Bersama Anis Baswedan Jakarta Damai Tidak Gaduh. Kalau Banjir???!!! Dari Dulu Cin...."
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa ada spanduk "ANDA KALO TIDAK SUKA JOKO WIDODO SILAHKAN HENGKANG DARI NKRI" itu, adalah salah.
 
Informasi ini masuk dalam kategori hoaks jenis fabricated Content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100 persen tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta.
 

Sumber:
1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=652857802131680&set=gm.1506412299516309&type=3&theater&ifg=1
2. https://www.facebook.com/groups/2186209421396709/permalink/3715298828487753/
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-4858458/spanduk-pro-anies-tak-suka-anis-pindah-saja-ke-provinsi-lain
 

 

(DHI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif