Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial. Foto: Instagram
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial. Foto: Instagram

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Gambar Perlihatkan Ledakan yang Menghancurkan Gedung Kominfo? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Kominfo hoax kabar hoaks Rusia vs Ukraina
Wanda Indana • 12 Agustus 2022 09:50
Beredar sebuah gambar tangkapan layar cuplikan video yang disertai adanya ledakan yang menghancurkan Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Gambar ini beredar di sejumlah platform media sosial.
 
Akun Instagram ini turut membagikan tangkapan layar tersebut pada Senin, 1 Agustus 2022. Terliaht pada gambar terdapat logo Tribun Network dan Tribun Timur
 
"Ledakan di Kantor Kominfo"tulis akun Facebook tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Gambar Perlihatkan Ledakan yang Menghancurkan Gedung Kominfo? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tangkapan kayar yang beredar memperlihatkan ledakan menghancurkan gedung Kominfoadalah salah. Faktanya, ledakan terjadi di Kharkiv, Ukraina.
 
Melalui reverse image, gambar tangkapan layar tersebut merupakan hasil suntingan dari video yang diunggah kanal YouTube Tribun Timur berjudul "Detik-detik Ledakan di Kota Besar Ukraina Serangan Rusia Hancurkan Gedung Perkantoran".
 
[Cek Fakta] Beredar Gambar Perlihatkan Ledakan yang Menghancurkan Gedung Kominfo? Cek Faktanya
 
Pada video tersebut tak ada keterangan ledakan terjadi di kantor Kominfo. Dalam video disebutkan, Rusia menyerang kota terbedar kedua di Ukraina, Kharkiv. Serangan itu membuat gedung administrasi yang terletal di ‘freedom square’ alun-alun utama Kharkhiv, hancur. Ada enam warga sipil yang terluka, termasuk satu anak.
 
Video serupa juga diunggah akun Twitter media Ukraina, @KyivIndependent, menyebutkan ledakan besar terjadi tepat di depan gedung pemerintahan Oblast Kharkiv.
 
Sampai saat ini Ukraina masih dalam gempuran Rusia setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan invasi ke Donbas wilayah di Ukraina timur yang dikuasai kelompok separatis pada Kamis pekan lalu. Rusia bersedia menghentikan serang dengan sejumlah syarat. Meminta Ukraina untuk bersikap netral, menghapus pengaruh Nazi dan fasisme, dan mengakui Crimea sebagai bagian dari Rusia.
 
Kesimpulan:
Klaim pada gambar tangkapan layar yang beredar memperlihatkan ledakan di gedung Kominfo adalah salah. Faktanya, ledakan terjadi di kota Kharkiv, Ukraina.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Beredar Gambar Perlihatkan Ledakan yang Menghancurkan Gedung Kominfo? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=BzkYh1T9pQ4
https://twitter.com/KyivIndependent/status/1498556065620836353
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif