Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Penampakan Warga Surabaya Berhasil Menginjakkan Kaki di Bulan? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Astronot jalan rusak hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 10 Agustus 2022 17:21
Beredar sebuah video yang memperlihatkan sosok berpakaian astronaut melakukan moonwalk. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Sabtu, 6 Agustus 2022. Akun itu menyertakan narasi bahwa orang di balik pakaian astronot itu diklaim sebagai warga asal dari Surabaya, Jawa Timur.

"Waaooww.. warga asli surabaya ada yang jadi astronot dan berhasil menginjakkan kaki di bulan"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Video Penampakan Warga Surabaya Berhasil Menginjakkan Kaki di Bulan? Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa memperlihatkan warga surabaya menginjakkan kaki di bulan adalah salah. Faktanya, video tersebut dibuat di pinggir jalan di India. Setelah disimak, video berdurasi 1 menit 4 detik itu memperlihatkan seseorang mengenakan pakaian astronot di pinggir jalan bukan di bulan. Ini diketahui pada detik-detik terkahir video, terlihat kendaraan seperti bajaj dan mobil melintas di sebelah seorang berpakaian astronot tersebut.
 
Melalui reverse image, video identik diunggah situs berbahasa Turki, Yeni Safak, pada 3 September 2019. Pada keterangan video disebutkan, orang di balik pakaian astronot adalah seorang seniman jalanan asal India, Baadal Nanjundaswamy. Ia berjalan-jalan di kota Bangalore, India.
 
Aksi itu dilakukan untuk memprotes kondisi jalan yang rusak. Jalan yang dilalui Nanjundaswamy dianggap mirip dengan kawah di Bulan. Sang seniman membagikan video itu dengan judul "Halo BBMP", untuk mengirim pesan ke BBMP, perusahaan kota terbesar keempat di India, yang bertanggung jawab atas pekerjaan infrastruktur di Bangalore.
 
Dikutip dari BBC Hindi, otoritas setempat segera menutup lubang-lubang jalan usai Nanjundaswamy melakukan aksi moonwalk-nya, 4 September 2019.
 
"Pihak berwenang tidak menghubungi saya dan saya juga tidak menghubungi mereka. Tapi mereka selalu memperbaiki lubang itu. Saya pasti telah melakukan ini (moonwalk) di sekitar 50 lubang dan otoritas sipil telah merespons dengan memperbaiki sebagian besar dari mereka," Kata Nanjundaswamy
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa memperlihatkan warga surabaya menginjakkan kaki di bulan adalah salah. Faktanya, video tersebut dibuat di India.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 
[Cek Fakta] Video Penampakan Warga Surabaya Berhasil Menginjakkan Kaki di Bulan? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://www.bbc.com/news/world-asia-india-49575730
https://www.yenisafak.com/dunya/astronot-gibi-giyinip-bozuk-yollara-dikkat-cekti-3504576
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif