Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] PT KAI Minta Pelamar Membuat Video yang Memperlihatkan Bagian Tubuh sebagai Pengganti Wawancara? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 19 November 2020 10:35
Dugaan kasus penipuan dengan modus rekrutmen pegawai PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali beredar. Akun Twitter @SekteSeblak membagikan informasi itu dengan mengunggah dua foto tangkapan layar yang memperlihatkan percakapan melalui DM (direct massage) Instagram.
 
Foto tangkapan layar itu memperlihatkan akun Instagram @recruitmentkai seolah sebagai penyedia lowongan meminta pelamar membuat video durasi 30 detik sebagai pengganti interview online. Akun itu menanyakan apakah pelamar memiliki luka di pundak bagian kanan dan kiri. Lalu, akun itu meminta pelamar membuat video dengan memakai tanktop dan memperlihatkan bagian pundak kanan-kiri serta bagian perut.
 
Berikut kutipan percakapannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Interview @recruitmentkai:
Sebelumnya kaka apakah punya luka di puncak kanan kiri dan perut ka.
Bisa dibuatkan video berdurasi 30 detik bila kaka sedang tidak sibuk
Makannya saya tanya dulu ka Jawaban @sekteseblak:
Interview nya online?
Tidak ada luka dibagian yg kaka sebutkan
kaya gmn ya ka videonya?
 
Interview @recruitmentkai:
Iya ka
durasi 30 detik saja kaka pakai tanktop aja relax ka yang penting memperlihatkan pundak kanan kiri dan perut ka
Kaka lagi sibuk tidak tapinya ka
 
Jawaban @sekteseblak:
Wkwk serius begitu?"

 

Benarkah PT KAI dalam proses rekrutmen pegawai meminta pelamar membuat video yang memperlihatkan bagian tubuh sebagai pengganti wawancara daring? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] PT KAI Minta Pelamar Membuat Video yang Memperlihatkan Bagian Tubuh sebagai Pengganti Wawancara? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, PT KAI dalam proses rekrutmen pegawai meminta pelamar membuat video yang memperlihatkan bagian tubuh sebagai pengganti wawancara daring adalah hoaks. Faktanya, akun Instagram tersebut adalah akun palsu.
 
PT KAI sudah membantah informasi tersebut. Akun resmi Twitter PT KAI @KAI121_ membalas unggahan yang ditanyakan akun Twitter @sekteseblak. PT KAI menyebut akun instagram @recruitmentkai adalah akun palsu.
 
"Selamat sore. Mohon maaf, PT KAI hanya memiliki akun resmi Instagram @KAI121_ dan @keretaapikita. Informasi seputar rekrutmen tersedia pada website https://recruitment.kai.id atau layanan Contact Center 121/021-121, email cs@kai.id, sosial media Twitter dan Facebook @KAI121. Trims."
 
Pula, dilansir Kominfo.go.id, informasi tersebut juga dinyatakan hoaks, melalui laporan berjudul "[HOAKS] Interview Online Recruitment PT KAI dengan Meminta Video Bagian Tubuh" dimuat pada 16 November 2020. Berikut bantahannya:
 
Faktanya, akun tersebut adalah akun palsu dan bukan resmi dikelola oleh PT KAI. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengingatkan bahwa proses rekrutmen PT KAI hanya diumumkan melalui website resmi KAI di recruitment.kai.id. Joni Martinus menegaskan bahwa proses recruitment PT KAI tidak memungut biaya sepeserpun dan tidak ada interview secara online yang disertai pengiriman video untuk menunjukkan bagian tubuh apapun dalam proses rekrutmen. Terkait adanya dugaan aksi penipuan dengan modus Rekrutmen KAI ini, Joni mengimbau supaya masyarakat lebih jeli dan teliti apabila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen juga juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kepolisian dan tidak menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut.
 

 

Kesimpulan:
PT KAI dalam proses rekrutmen pegawai meminta pelamar membuat video yang memperlihatkan bagian tubuh sebagai pengganti wawancara daringadalah hoaks. Faktanya, akun Instagram tersebut adalah akun palsu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] PT KAI Minta Pelamar Membuat Video yang Memperlihatkan Bagian Tubuh sebagai Pengganti Wawancara? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/KAI121/status/1327926621714563072
https://www.kominfo.go.id/content/detail/30830/hoaks-interview-online-recruitment-pt-kai-dengan-meminta-video-bagian-tubuh/0/laporan_isu_hoaks
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif