Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Akun Facebook Ini sudah Ungkap Pandemi sejak 2016? Simak Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 02 Agustus 2021 10:37
Beredar sebuah foto tangkapan layar memperlihatkan unggahan sebuah akun facebook terkait pandemi Covid-19. Foto tangkapan layar ini beredar di media sosial.
 
Unggahan akun bernama Harris Alyamani itu seolah telah mengetahui pandemi ini sebelum terjadi. Pasalnya, tertulis unggahan itu dibuat pada 23 Juni 2016 lalu.
 
Pada unggahan itu juga terdapat narasi bahwa pandemi Covid-19 ini merupakan rekayasa untuk mengurangi populasi di muka bumi dengan menebar racun melalui pesawat. Pula narasi bahwa vaksin merupakan racun dan seterusnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Adalah akun facebook Andri Alwie Kelip yang turut membagikan foto tangkapan layar tersebut, Minggu 1 Agustus 2021. Akun itu membuat komentar terkait foto tangkapan layar.


"Viral lurr...," tulis akun Andri Alwie Kelip.

Unggahan ini mendapat perhatian banyak warganet. Terdiri dari 80 emotikon, 15 komentar dan 38 kali dibagikan.
 
Benarkah demikian?
 

[Cek Fakta] Akun Facebook Ini sudah Ungkap Pandemi sejak 2016? Simak Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa unggahan akun bernama Harris Alyamani itu seolah telah mengetahui pandemi ini sebelum terjadi, tidak berdasar. Faktanya, tanggal postingan di linimasa facebook dapat diubah dengan mudah.
 
Kami juga telah mencoba mengedit tanggal sebuah unggahan di facebook. Hanya dengan mengeklik tiga titik di samping kanan dan kemudian mengeklik menu "edit tanggal".
 

[Cek Fakta] Akun Facebook Ini sudah Ungkap Pandemi sejak 2016? Simak Faktanya
 

Di sisi lain, narasi yang muncul pada unggahan terkait vaksin adalah racun, chip vaksin, dan lain-lain, adalah hoaks. Berikut sejumlah ulasan kami terkait hal itu:
 
1. [Cek Fakta] Vaksin Merupakan Racun yang Disuntikkan ke Masyarakat? Ini Faktanya
 

2. [Cek Fakta] Vaksin Covid-19 Dipasang Cip Mengandung Magnet? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Akun Facebook Ini sudah Ungkap Pandemi sejak 2016? Simak Faktanya

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa unggahan akun bernama Harris Alyamani itu seolah telah mengetahui pandemi ini sebelum terjadi, tidak berdasar. Faktanya, tanggal postingan di linimasa facebook dapat diubah dengan mudah. Kemudian narasi yang terdapat di unggahan tersebut dipastikan hoaks.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Akun Facebook Ini sudah Ungkap Pandemi sejak 2016? Simak Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nN94l9RK-cek-fakta-vaksin-covid-19-dipasang-cip-mengandung-magnet-ini-faktanya
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/JKRWG7xN-cek-fakta-vaksin-merupakan-racun-yang-disuntikkan-ke-masyarakat-ini-faktanya
https://www.facebook.com/help/301591769889792/
https://archive.md/cqNEv
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif