Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] UAS Terlibat Kasus Penipuan 212 Mart? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 09 Mei 2021 09:57
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) terlibat kasus penipuan koperasi 212 Mart. Video ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook GK yang turut membagikan link video tersebut, Sabtu 8 Mei 2021. Berikut narasi selengkapnya:

"Berita Terkini ~ Memalukan!! UAS Terlibat Kasus Penipaun 212 mark, Uang 21 Milyar Hangus."


Unggahan ini direspons sejumlah warganet. Terdiri dari 46 emotikon dan 27 komentar.
 

[Cek Fakta] UAS Terlibat Kasus Penipuan 212 Mart? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa UAS terlibat kasus penipuan gerai 212 Mart, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu. Video itu diunggah Kanal YouTube Suara Inspirasi pada 6 Mei 2021. Pada video berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak ditemukan pernyataan pihak berwenang atau penegak hukum bahwa benar UAS terlibat kasus penipuan 212 Mart.
 

[Cek Fakta] UAS Terlibat Kasus Penipuan 212 Mart? Ini Faktanya
 

Di dalam video, hanya diperlihatkan UAS yang mempromosikan 212 Mart secara umum. Kala itu, UAS meyakini 212 Mart dikelola dengan amanah dan tidak ada penipuan.
 
Di sisi lain, gerai 212 Mart di Samarinda, Kalimantan Timur mendadak menjadi sorotan. Pasalnya, sejumlah warga melaporkan dugaan investasi bodong terkait 212 Mart di Samarinda.
 
Direktur Eksekutif Koperasi Syariah 212 Pusat, Mela Trestia, menilai 212 Mart Samarinda tidak menjalankan kewajiban kerja sama. Di antaranya tidak mengirimkan laporan keuangan 212 Mart secara regular, baik bulanan maupun tahunan.

"Koperasi Syariah 212 Pusat telah mengatur tegas dalam Pedoman Komunitas, bahwa 'Komunitas Koperasi Syariah 212 dilarang melakukan pengumpulan dana untuk modal kerja mengatasnamakan Koperasi Syariah 212 pusat'," kata Mela seperti dilansir Detik.com, Rabu (5/5/2021).
 
"Di dalam perjanjian kerja sama untuk pendirian 212 Mart yang ditandatangani oleh kedua pihak, KSSMS kedapatan tidak menjalankan kewajibannya dengan baik, termasuk di antaranya adalah tidak mengirimkan laporan keuangan 212 Mart secara regular, baik bulanan maupun tahunan. Tidak memberikan bagi hasil atas usahanya kepada Koperasi Syariah 212 sebagai bayaran sewa merek dagang 212 Mart," sambung Mela.


 
[Cek Fakta] UAS Terlibat Kasus Penipuan 212 Mart? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa UAS terlibat kasus penipuan gerai 212 Mart, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

[Cek Fakta] UAS Terlibat Kasus Penipuan 212 Mart? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5558736/koperasi-212-tegaskan-tak-terkait-dugaan-investasi-bodong-212-mart-samarinda/2
https://www.youtube.com/watch?v=IRw8siNa0LM
https://archive.md/k6VLx
 

Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif