Tangkapan layar informasi palsu yang beredar di grup WhatsApp
Tangkapan layar informasi palsu yang beredar di grup WhatsApp

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 14 Oktober 2020 06:36
Beredar narasi bahwa Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk. Narasi ini beredar di pesan berantai WhatsApp, baru-baru ini.

“Gubernur Sumut, Letnan Jenderal Purnawirawan TNI H. Edy Rahmayadi, serukan JIHAD dan Revolusi terhadap Rezim Busuk!.”


Pada narasi yang beredar, Edy menyampaikan seruan tersebut dalam sebuah pidato. Berikut narasi selengkapnya:
 
“MERINDING!! GUBERNUR SUMUT SERUKAN JIHAD DAN REVOLUSI!! TEGASKAN BAHWA REZIM INI ADALAH REZIM BUSUK!
 
Pidato Sang Gubernur yang dekat dengan ulama ini begitu membakar masa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
===============================
"Kita tidak bisa dikalahkan dengan senjata-senjata yang dihadapkan kepada kita. Maka saya ingin menyampaikan kepada Bapa-Bapa TNI, kepada Bapa-Bapa Polisi, BERPIHAKLAH kepada rakyat. Karena siapapun yang jadi Presiden kalian tetap polisi. Kalian tetap tentara." "TNI, TNI kalian telah membuat pilihan yang benar."
 
"Tapi Kepada polisi, kepada polisi, Anda saudara kami, Anda keluarga kami, Anda mungkin juga tetangga kami, Anda mungkin bahkan jamaah pengajian saya, TAPI REZIM ini, TELAH MEMBUAT ANDA DIBENCI OLEH RAKYAT. Rezim ini yang SALAH. Rezim ini yang keliru bukan Anda. Tapi karena KEBUSUKAN REZIM INI maka Anda DIBENCI OLEH RAKYAT. Warna pakaian Anda bahkan menjadi warna yang dibenci oleh semua orang. Maka berpihaklah pada rakyat"
 
"Kepada para ulama di Sumatera Utara, apakah cuma saya satu orang saja yang mengerti tentang JIHAD ini? Kenapa tidak muncul ulama yang lain? Anak-anak muda ini mengerti tentang fadilah Jihad karena kalian yang mengajari mereka. Tapi kemana kalian sekarang?"
 
"Apakah Rasul kalian tidak pernah berjihad? Apakah Khulafaurasyidin itu tidak berjihad? Apakah Imam-Imam Mazhab itu tidak berjihad? Lantas kemana kalian hari ini?"
 
"Saya mengundang kalian semua para kyai, para ulama, para habaib di Sumatera Utara, BERGABUNG SEGERA dengan KAFILAH INI!"
 
"Kami mengundang semua elemen bangsa, dari Papua, dari NTB, dari Bali, dari Aceh, dari Lampung, AYO KITA MULAI REVOLUSI INI!"
 
"Kalian yang di Jawa, REZIM itu BEGITU DEKAT DENGAN KALIAN, harusnya kalian yang duluan menunjukkan kepada kami keberanian kalian!
 
"Dan kepada mahasiswa, kalau kalian kuliah cuma untuk menjadi kutu buku, kami akan ucapkan selamat tinggal buat kalian.
 
Luar biasa.
Jend Sudirman jaman now telah muncul Di Sumut...
Horras... ?????
 

[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk dalam sebuah pidato, adalah salah. Faktanya, itu bukan pidato Gubernur Edy.
 
Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov Sumut) telah memberikan bantahan pada 27 September 2019. Pemprov Sumut memastikan itu bukan pidato Edy.

“Beredar video yang berjudul "Gubernur Sumut serukan JIHAD !", menanggapi hal tersebut kami tegaskan bahwa video tersebut adalah bohong dan tidak benar, karena figur di video tersebut bukannlah Bapak Gubernur Edy Rahmayadi, mohon agar masyarakat agar lebih berhati hati tidak menyebarkan berita hoax tersebut,” tulis akun facebook Humas Sumut bercentang biru.


 
[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya
 

 
Pula pada 29 September 2019, Humas Sumut kembali memberi bantahan. Pemprov Sumut meminta masyarakat agar bijak dalam menerima dan menyebarkan informasi.

“Dihimbau agar seluruh masyarakat lebih berhati hati dalam menerima dan menyebarkan berita dan informasi yang tidak benar atau hoax, Gubernur Edy Rahmayadi tidak pernah mengeluarkan pernyataan jihad dan revolusi seperti akun di bawah ini. mari lebih bijak dalam menggunakan dan menyebarluaskan informasi.”


 
[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya
 

Dilansir situs Kominfo.go.id, pidato itu berasal dari sebuah video yang beredar. Pada video itu diketahui, pidato tersebut disampaikan seorang ustaz.

“Pembicara pada video tersebut bukanlah Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, melainkan Ustaz Heriansyah dalam Aksi Damai 22 Mei,” tulis situs Kominfo.go.id dalam laporannya, 28 September 2019.


[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerukan jihad dan revolusi terhadap rezim busuk dalam sebuah pidato, adalah salah. Faktanya, itu bukan pidato Gubernur Edy.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

[Cek Fakta] Gubernur Edy Serukan Jihad dan Revolusi terhadap Rezim Busuk? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.facebook.com/1598054340267759/videos/532331727527230/
https://www.facebook.com/birohumasdankeprotokolan/posts/3080439168695928
https://www.kominfo.go.id/content/detail/21817/disinformasi-gubernur-edy-rahmayadi-serukan-jihad-dan-revolusi-terhadap-rezim/0/laporan_isu_hoaks
https://www.youtube.com/watch?v=f__YPkEogJ0
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif