Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 November 2020 12:03
Beredar sebuah narasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo mengangkat Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Narasi ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Dwi Bambang Irianto membagikan narasi ini pada 30 November 2020. Dalam unggahan tersebut, terdapat foto Jokowi dan Susi seolah sedang berbincang mengenai kasus yang menimpa Edhy Prabowo.
 
[Cek Fakta] Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim Jokowi mengangkat Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo adalah salah. Faktanya, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pejabat sementara. Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) ad interim. Posisi tersebut menggantikan Edhy Prabowo yang dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 25 November 2020.
 
"Presiden menunjuk Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri KKP ad interim," ungkap juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 November 2020.
 
Jodi menuturkan Luhut telah menerima surat dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terkait penunjukan posisi tersebut. KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, 25 November 2020 dini hari.
 
[Cek Fakta] Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo? Ini Faktanya
 
Dilansir Tempo.co, Susi sendiri enggan berkomentar terkait penetapan tersangka Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Susi memilih tidak menanggapinya meski isu ekspor benih bening lobster yang diduga menjerat Edhy kerap ia kritik.
 
"Tidak tahu," kata Susi dilansir Tempo.co.
 
Susi kerap mengkritik kebijakan Edhy yang kembali membuka kebijakan ekspor benih lobster. Sebab, lobster yang diekspor saat sudah dewasa, bernilai ekonomi sangat tinggi. Itu alasannya mengekspor benih lobster sangat merugikan nelayan.
 
"Nelayan enggak boleh bodoh atau kita akan dirugikan kalau itu dibiarkan," kata Susi melalui Twitternya, Desember silam.
 
[Cek Fakta] Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Jokowi mengangkat Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo adalah salah. Faktanya, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai pejabat sementara.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] Jokowi Angkat Susi Pudjiastuti Gantikan Edhy Prabowo? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.vn/cqlkN
2.https://www.medcom.id/nasional/hukum/VNxvqM8k-jokowi-tunjuk-luhut-jadi-menteri-kkp-ad-interim
3.https://bisnis.tempo.co/read/1408634/edhy-prabowo-ditangkap-kpk-apa-kata-susi-pudjiastuti
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif