Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai WhatsApp. Foto: WhatsApp
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui pesan berantai WhatsApp. Foto: WhatsApp

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] 9 Karyawan Aneka Buana Pondok Labu Terinfeksi Korona? Hoaks

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 24 Maret 2020 15:10
Beredar foto hasil tangkapan layar yang memperlihatkan percakapan di aplikasi WhatsApp. Percakapan itu berisi tentang seorang pasien covid-19 yang teinfeksi virus Korona setelah dari sebuah pasar swalayan di Jakarta Selatan.
 
Disebutkan dalam screenshot percakapan WA itu, tim Satgas covid-19 menjemput seorang pasien positif Korona. Disebutkan, aktivitas terakhir pasien tersebut berada di pasar swalayan Aneka Buana (AB) Supermarket Pondok Labu, Jakarta Selatan.
 
Pasien tersebut diklaim terinfeksi Korona dari karyawan AB Supermarket Pondok Labu. Sebab, sembilan pegawai AB Pondok Labu disebut telah terinfeksi virus Korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] 9 Karyawan Aneka Buana Pondok Labu Terinfeksi Korona? Hoaks
Penelusuran:
Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, klaim bahwa sembilan karyawan Aneka Buana Supermarket di Pondok Labu terinfeksi Korona adalah salah. Pihak AB Pondok Labu, telah memberikan klarifikasi.
 
Melalui akun Google Apps for Work, Aneka Buana Supermarket mengunggah klarifikasi terkait isu tersebut pada Minggu, 22 Maret 2020. Berikut klarifikasinya:
 
"Untuk menanggapi kabar hoax yang beredar dan meresahkan, kami klarifikasi bahwa Aneka Buana Supermarket Pondok Labu akan tetap melayani kebutuhan customer kami setiap hari mulai dari jam 08:00 s/d 21.30 WIB. Dan dengan Post ini juga kami klarifikasi dan bersyukur bahwa sampai saat ini belum ada karyawan kami yang terjangkit Virus Covid-19. Doakan agar kami sehat selalu dan bisa terus melayani kebutuhan seluruh customer kami. Jika hoax ini terus berlanjut kami tidak segan untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib!"
 

[Cek Fakta] 9 Karyawan Aneka Buana Pondok Labu Terinfeksi Korona? Hoaks
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa sembilan karyawan pasar swalayan Aneka Buana Supermarket di Pondok Labu, Jakarta Selatan, terinfeksi Korona adalah salah. Pihak manajemen swalayan membantah isu tersebut.
 

Referensi:
https://posts.gle/aJEfj
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif