Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Viral Video Anak Digorok Ibu Kandung karena Bangunkan Sahur? Begini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Video Viral
Wanda Indana • 26 April 2022 15:44
Beredar sebuah video memperlihatkan seorang remaja wanita menangis kesakitan sambil memegang lehernya. Disebutkan, remaja itu digorok karena membangunkan ibu kandungnya untuk sahur.
 
Akun Facebook Dewi Santi membagikan video itu pada Minggu, 17 April 2022. Pada video berdurasi 28 detik itu terdapat narasi sebagai berikut:
 
"INFO DARI WARGA SEKITAR ANAK DI TUSUK IBU KANDUNG KARENA BANGUNIN SAUR"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Akun tersebut juga menyertakan narasi pada unggahan videonya: "Cuma bangunin saur anak nya di gorok leher nya sama ibu nya yg aneh" aja zaman sekarang"
 

Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Viral Video Anak Digorok Ibu Kandung karena Bangunkan Sahur? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang remaja wanita digorok ibu kandungnya karena tidak senang dibangunkan untuk sahur adalah salah. Faktanya, remaja dalam video yang beredar hanya mengalami luka kecil pada leher.
 
Video klarifikasi video tersebut langsung dibuat oleh remaja dalam video yang diketahui bernama Mira. Dia tak menyangkal keberadaan video viral tersebut, namun membantah narasi yang menyebut dirinya digorok oleh sang ibu.
 
"Kalau gue digorok, enggak mungkin gue hidup sampai sekarang, sampai detik ini, sampai gue bisa bikin video klarifikasi kayak gini," katanya dalam video klarifikasi.
 
Menurut Mira, cerita terkait dirinya terlalu dilebih-lebihkan. Ia menyampaikan bahwa yang ia alami hanyalah luka tusuk kecil, dan kini dirinya baik-baik saja.
 
“Luka tusuk, bedakan mana luka tusuk, mana luka digorok. Kalau luka digorok pasti gede lukanya, ini gue lukanya cuma kecil. Enggak usah dilebih-lebihkan ya netizen, gue bukan digorok,” lanjutnya.
 
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Budi Sartono menerangkan, video itu direkam oleh salah seorang warga di Jalan Sawo No 12, Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat 15 April 2022 sekira 03.30 WIB.
 
Budi menerangkan, peristiwa itu terjadi pada Jumat 15 April 2022 sekitar jam 03.30 WIB. Saat itu, Y sedang mempersiapkan makan sahur bersama anaknya MS.Ketika itu, Y sedang memotong lontong dengan pisau kecil dan tidak sengaja mengenai leher MS yang ada di dekat nya, hingga mengeluarkan darah.
 
"Y panik dan langsung keluar meminta tolong tetangga," kata dia dalam keterangan tertulis seperti dilansirLiputan6.com,Senin, 18 April 2022.
 
Budi mengatakan, saat itulah ada warga yang merekam dan memviralkan dengan narasi yang tidak benar. Disebutkan oleh warga itu bahwa 'anak membangunkan sahur, ibunya gorok leher'.
 
Padahal, kejadiannya tak demikian. Budi menyebut, MS telah memberikan video klarifikasi di akun tiktoknya.
 
"Bahwa berita yang viral tidak benar atau hoaks," ujar dia.
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan seorang ibu menusuk anak kandungnya hanya karena tidak senang dibangunkan untuk sahur adalah salah. Faktanya, remaja dalam video yang beredar hanya mengalami luka kecil pada leher.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun seca
 

[Cek Fakta] Viral Video Anak Digorok Ibu Kandung karena Bangunkan Sahur? Begini Faktanya
 

Referensi:

https://www.kompas.tv/article/281009/klarifikasi-wanita-di-video-viral-ibu-gorok-anak-karena-bangunkan-sahur-kalau-gue-digorok
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif