Tangkapan layar informasi di media sosial
Tangkapan layar informasi di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Polisi Berbahasa Mandarin? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 05 Mei 2020 10:39
Beredar sebuah video memperlihatkan sejumlah aparat berseragam khas Polri. Di dalam video itu, salah seorang aparat berbicara dengan bahasa Mandarin.
 
Adalah akun facebook Idham Idham yang mengunggah video berdurasi 1 menit itu pada Minggu 3 Mei 2020. Akun itu mempertanyakan apakah di dalam video tersebut, polisi Indonesia atau Tiongkok?
 
Berikut pertanyaannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Maaf mau tanya gaes ini maksudnya apa ya? Ini polisi Indonesia apa polisi china?" Unggahan akun Idham Idham ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 2.800 emotikon dan 28 komentar dan telah dibagikan sebanyak 15 ribu kali.
 
"Ini hoax pa benaran yh, prihatin melihat nya, semoga za GK benar," kata akun Chiko Andra di dalam kolom komentar.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Polisi Berbahasa Mandarin? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, video yang memperlihatkan aparat berseragam khas Polri berbahasa Mandarin adalah benar Polri. Mereka berasal dari Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).
 
Kami dari Tim Cek Fakta Medcom.id, pernah mengulas hal ini melalui artikel berjudul "Polisi Mengubah Pancasila dengan Bahasa Tiongkok? Ini Faktanya". Artikel ini diterbitkan pada Jumat 8 November 2019.
 
Di dalam artikel dijelaskan, video itu juga muncul di akun instagram @bag_sumda_polresbelitung. Video itu diunggah pada Selasa, 5 November 2019.
 
"Eiitttss.. Ini bukan polisi impor lo.. tp polisi asli Indonesia asal Bangka Belitung yg sedang belajar bahasa Mandarin di Sebasa," tulis akun instagram @bag_sumda_polresbelitung.
 
Konteks asli video itu adalah kegiatan Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri). Terlihat, anggota polisi bernama Gunawan Ari A, mempraktikkan bahasa Mandarin yang telah dipelajari di Sebasa Polri.
 
Sebasa Lemdiklat Polri adalah lembaga pendidikan Polri yang mengajarkan lima bahasa asing bagi seluruh anggota Polri, yakni bahasa Indonesia (bagi siswa Mancanegara), bahasa Inggris, Perancis, Mandarin, Arab dan Jepang.
 

Kesimpulan:
Video yang memperlihatkan aparat berseragam khas Polri berbahasa Mandarin adalah benar Polri. Mereka berasal dari Sekolah Bahasa (Sebasa) di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Lemdiklat Polri).
 

Referensi:
1.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNGjeQAK-polisi-mengubah-pancasila-dengan-bahasa-tiongkok-ini-faktanya
2.https://www.instagram.com/p/B4d_clWH55n/
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif