Tiga Aplikasi Resep Masakan untuk Meriahkan Ramadan
Berikut tiga aplikasi kuliner untuk membantu mengasah kemampuan memasak selama Ramadan.
Jakarta: Ramadan menjadi waktu yang sering dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk melatih kemampuan mereka dalam memasak dan mempersiapkan makanan. Mungkin Anda menjadi salah satu dari anggota masyarakat tersebut.

Jika sebelumnya hanya mengandalkan resep dari orang tua atau keluarga, kini Anda dapat memperoleh resep masakan dari berbagai sumber, salah satunya internet. Kehadiran aplikasi berisi resep yang dapat dicoba turut mempermudah Anda dalam mencari inspirasi menu makanan untuk disuguhkan kepada keluarga atau hanya untuk diri sendiri.

Berikut tiga aplikasi yang mungkin menarik dan sesuai untuk mendukung upaya Anda dalam kemampuan memasak, atau sekadar mencoba menu baru selama bulan Ramadan ini.


1. 500 Resep Masakan Indonesia


Seperti namanya, aplikasi ini menyajikan resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia, yang dapat Anda coba sebagai menu santap malam setelah berbuka puasa. Saat mengakses aplikasi, Anda akan disambut dengan daftar menu yang tersusun sesuai alfabet awal nama makanan.

Tidak hanya masakan makanan utama, Anda juga dapat menemukan resep makanan ringan atau camilan yang dapat Anda suguhkan sebagai salah satu menu buka puasa. Mengakses salah satu resep akan menyuguhkan perkiraan waktu yang Anda perlukan saat memasak makanan, dari waktu persiapan hingga proses memasak selesai, serta jumlah orang yang dapat menikmati makanan tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan ringkasan dari resep, bahan yang diperlukan untuk menu tersebut beserta takarannya, serta langkah memasak menu tersebut. Anda dapat menyimpan resep pada buku resep pribadi di aplikasi dengan mengetuk ikon bintang di kanan atas layar, atau membagikannya kepada rekan, dengan mengetuk ikon di sebelah ikon bintang.

Resep yang Anda simpan dapat ditemukan dengan mengakses bar pada sisi kiri atas layar, di menu favorit. Menu ini juga didampingi oleh sejumlah kategori masakan yang tersedia di aplikasi, memudahkan Anda saat mencari resep makanan dari daerah tertentu seperti masakan Aceh, atau resep sajian makan malam.

2. Cookpad

Berbeda dari aplikasi sebelumnya, Cookpad menyuguhkan resep makanan yang diunggah oleh penggunanya. Saat pertama kali mengakses aplikasi, Anda akan diminta untuk membuat akun, cara termudah yang ditawarkannya yaitu melalui Facebook atau Google.

Di halaman awal, Anda akan disambut oleh resep masakan terbaru yang diunggah pengguna, diikuti oleh resep terpopuler. Di bagian atas aplikasi, Anda juga akan menemukan bar pencarian, memungkinkan pencarian berdasarkan nama bahan makanan ataupun jenis masakan.

Mengetuk salah satu resep akan menampilkan foto masakan yang diunggah pengguna, beserta bahan yang diperlukan serta langkah pembuatan masakan tersebut. Anda juga dapat menyimpan resep yang disukai sebagai bookmark, yang dapat ditemukan pada menu Cookmark, dengan mengetuk ikon tiga titik tersusun vertikal di kanan atas layar.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan dukungan agar resep menjadi populer dengan mengetuk ikon hati di bagian kanan atas resep, dan membagikannya dengan rekan via ikon di sebelah ikon bookmark. Mengingat aplikasi ini merupakan platform berbagi resep, Anda juga akan dapat mengunggah resep karya Anda tombol berikon kertas dan pensil di halaman awal.

Menekan ikon tersebut akan menampilkan sejumlah kolom yang memungkinkan Anda mengunggah foto hasil masakan, bahan serta langkah pembuatan masakan tersebut. Setelah selesai mengisi seluruh kolom, Anda dapat mengunggahnya ke platform dengan mengetuk tombol Simpan, lalu Terbitkan. Resep ini akan tersimpan di menu Resep Saya, terletak di sebelah menu Cookmark.

3. Tastemade


Untuk Anda yang ingin mencoba resep dari belahan dunia barat, seperti Eropa atau Amerika Serikat, aplikasi ini mungkin menjadi pilihan yang sesuai. Mengakses aplikasi ini akan menampilkan sejumlah tab di bagian atas, dan informasi yang dihimpun pengelola aplikasi sesuai dengan tab.

Untuk menemukan resep, Anda dapat mengakses tab Recipes, berisi sejumlah resep yang dikategorikan berdasarkan alat memasak, kemudahan proses memasak, bahan yang digunakan, resep untuk anak-anak dan sebagainya.

Uniknya, jika aplikasi lain menampilkan langkah pembuatan masakan via tulisan, Tastemade menampilkan langkah melalui video. Mengetuk layar saat video diputar atau dihentikan sementara waktu akan menampilkan bar di bagian bawah, berisi tombol play/pouse, serta ikon untuk berbagi, menandai video resep sebagai bookmark, dan serta ikon garis panjang bersusun secara vertika di sebelah terkiri.

Mengetuk ikon garis tersebut akan menampilkan bahan yang diperlukan serta langkah pembuatan masakan dalam bentuk tulisan. Saat menyaksikan video cara pembuatan masakan, kami menyarankan Anda mengatur layar dalam posisi horisontal sehingga video dapat ditampilkan secara keseluruhan.

Selamat mencoba!



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.