Ilustrasi. (Kaspersky)
Ilustrasi. (Kaspersky)

Tips & Trik

Begini Cara Cek Semua Fitur Keamanan Akun Facebook

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 09 Agustus 2021 12:56
Jakarta: Facebook sudah menjadi media sosial paling populer di Indonesia. Meskipun Anda bukan yang tergolong aktif di media sosial ini namun dipastikan Anda masih punya akun Facebook yang digunakan untuk bermain game.
 
Banyak game mobile yang menyediakan pilihan untuk membuat akun atau login game dengan menyambungkannya (binding) ke akun Facebook dibandingkan Google Play dan yang lain. Hal ini karena memudahkan Anda untuk berbagi progres permainan dengan teman-teman di media sosial.
 
Sayang, dengan begitu banyak aplikasi maupun game yang menggunakan sambungan ke akun Facebook hal ini justru membuat keamanannya jadi rentan diserang. Tidak cuma data pribadi, akun game Anda juga menjadi taruhannya apabila akun Facebook sampai berhasil diretas atau di-hack.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Facebook sendiri punya beragam fitur keamanan berlapis demi melindungi keamanan akun Facebook Anda. Meskipun sedikit repot tapi Facebook sendiri sudah menyiapkan cara cepat dan mudah untuk pengguna mengecek atau mengaktifkan keamanan akun Facebook, bagaimana caranya?
 
Berikut ini Medcom.id sudah membuat panduan resmi dari Facebook mengenai cara cek semua keamanan akun Facebook Anda?
 
1. Di dalam aplikasi Facebook pada smartphone, pilih ikon tiga garis yang ada di sisi atas kanan layar kemudian lanjutkan dengan geser halaman ke bawah.
 
2. Pilih menu Pengaturan dan Privasi. Anda akan melihat menu baru yang muncul di bawahnya, pilih menu Pengaturan.
 
3. Di tampilan layar yang baru, pilih menu Kata Sandi dan Keamanan
 
4. Anda akan disajikan halaman baru, lanjutkan dengan memilih menu “Periksa Pengaturan Keamanan Penting Anda”
 
5. Anda akan diperlihatkan beberapa point penting dengan tanda centang hijau yang menandakan keamanan akun Facebook Anda contohnya, Kata Sandi sudah bagus, fitur keamanan autentikasi dua faktor sudah aktif, dan peringatan saat ada login ke akun Facebook juga sudah diaktifkan.
 
6. Apabila Anda bagian yang belum centang hijau maka cukup tekan salah satu bagian menu tersebut untuk melakukan pengubahan kata sandi atau mengaktifkan fitur keamanan.
 
Meskipun kata sandi sudah dianggap aman namun semua ahli keamanan siber mengingatkan Anda untuk secara berkala mengganti kata sandi. Hal ini dilakukan demi mempersulit hacker atau peretas menebak kata sandi dan membobol akun Facebook penggunanya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif