Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Rawan Gempa, Begini Cara Cek Gempa Hari Ini di BMKG

Cahyandaru Kuncorojati • 17 Januari 2022 17:25
Jakarta: Gempa yang terjadi pada hari Jumat, 14 Januari 2022 di Barat Data Sumur, Banten dengan kekuatan Magnitudo 6,7 telah membuat panik masyarakat Indonesia terutama kawasan Jakarta dan sekitarnya karena guncangan masih terasa cukup kencang.
 
Meskipun begitu hingga hari ini ternyata masih ada gempa susulan yang terjadi di kawasan selatan Provinsi Jawa Barat. Hal ini diketahui Medcom.id pantauan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
Fenomena ini menandakan bahwa Indonesia saat ini sedang dalam kondisi rawan bencana gempa. Hal tersebut mungkin membuat kita cemas dan berharap bisa memperoleh informasi gempa lebih awal sekalipun titik gempa tergolong jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beruntung dengan internet kini masyarakat bisa mengetahui informasi tersebut. Mereka bisa mencari mengecek gempa hari ini untuk bisa memantau langsung kondisi lokasi mereka masing-masing dari sumber terpercaya.
 
Medcom.id menemukan ada beberapa cara untuk mengecek gempa hari ini dari informasi resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat smartphone.
 
Cek postingan akun media sosial resmi BMKG
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki akun Twitter resmi dengan handle @infoMBKG. Nama yang sama juga berlaku untuk akun resmi Facebook, Instagram dan YouTube yang mereka kelola.
 
Di sini netizen atau masyarakat Indonesia bisa rajin mengecek postingan atau unggahan terbaru BMKG terkait kondisi alam di Indonesia terutama fenomena gempa bumi.
 
Cek aplikasi Info BMKG
Apabila Anda takut terlewat mengecek media sosial BMKG maka bisa memilih download aplikasi resmi buatan mereka bernama Info BMKG. Aplikasi ini akan mengirim notifikasi setiap terjadi bencana alam termasuk gempa bumi.
 
Saat Anda memilih ikon tiga garis di sudut kiri atas aplikasi dan memilih menu “Gempa Bumi” yang muncul di sebelahnya maka pengguna akan dialihkan ke halaman aplikasi khusus informasi gempa bumi.
 
Di kolom yang tersedia bisa dipilih informasi gempa bumi terkini hingga mengecek gempa hari ini dengan kekuatan lebih dari Magnitudo 5.0 atau yang lebih rendah namun dirasakan guncangannya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif