Kenapa penyebabnya?
Baca juga: Apple Perbaiki Kerentanan Serius via Update OS 18.3.1 |
Meskipun kerusakan fisik sering kali menjadi penyebabnya, kamu tidak boleh mengesampingkan gangguan sistem. Jadi, cobalah perbaikan ini terlebih dahulu.
Dikutip dari Make Use Of ini cara kamu atasi masalah layar hitam di iPhone.
Paksa Ulang iPhone
Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengalami masalah layar hitam adalah memulai ulang iPhone secara paksa. Hal ini berbeda dari memulai ulang biasa, dan berguna saat kamu tidak dapat mematikan iPhone secara normal.Untuk memulai ulang secara paksa, kamu perlu menekan beberapa tombol sekaligus dan dapat mencoba beberapa kali karena harus menekan setiap tombol dengan cepat.
Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik. Ulangi hal yang sama dengan tombol Volume Turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol Samping iPhone hingga logo Apple muncul.
Pulihkan iPhone Kamu dengan Apple Devices atau Finder
Jika iPhone kamu tidak dapat di-boot ulang bahkan setelah kamu mencoba melakukan restart paksa coba melakukan factory reset. Kamu dapat melakukannya menggunakan aplikasi Apple Devices untuk Windows atau Finder di macOS .Mengembalikan iPhone dengan aplikasi Apple Devices atau Finder akan menghapus semua datanya dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Jadi, cobalah ini hanya jika kamu memiliki cadangan terbaru.
Perlu diingat metode ini hanya akan berfungsi jika kamu telah menghubungkan iPhone ke Apple Devices atau Finder sebelumnya.
Sebab, saat kamu menghubungkan iPhone ke komputer untuk pertama kalinya, kamu akan mendapatkan peringatan di iPhone (dan komputer) yang meminta Kamu untuk memercayai perangkat tersebut.
Kamu tidak dapat mengetuk Trust pada iPhone yang menampilkan layar hitam. Jadi Kamu harus mengatur ulang iPhone Kamu secara paksa menggunakan mode pemulihan atau DFU, yang akan kita bahas nanti.
Selain itu, kamu hanya dapat melanjutkan langkah-langkah ini jika Find My dinonaktifkan di iPhone Kamu. Jika tidak, Kamu akan mendapatkan pesan peringatan yang meminta kamu untuk menonaktifkan Find My selama proses berlangsung. Dalam kasus ini, Kamu perlu menonaktifkan fitur Find My dari iCloud dan menghapus iPhone Kamu dari jarak jauh.
Selama Kamu memenuhi persyaratan di atas, Kamu sudah siap. Cukup sambungkan iPhone Kamu ke PC atau Mac menggunakan kabel USB. Luncurkan aplikasi Apple Devices atau Finder, lalu klik iPhone [Nama Kamu] di bawah tajuk Lokasi pada bilah sisi. Kamu dapat melewati langkah ini jika Kamu menggunakan Perangkat Apple. Kemudian buka tab Umum dan klik Pulihkan iPhone di sebelah kanan.
Saat diminta untuk mencadangkan pengaturan sebelum memulihkan iPhone, klik Cadangkan. Selanjutnya, klik Pulihkan saat Kamu mendapat jendela konfirmasi.
Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit. Jadi, bersabarlah. Setelah selesai, kamu dapat memulihkan iPhone dari cadangan.
Gunakan Mode Pemulihan
Mode pemulihan adalah sistem pemulihan Apple yang memungkinkan kamu mengatur ulang perangkat ke setelan pabrik dan menginstal ulang versi iOS terbaru saat iPhone kamu tidak lagi responsif.Untuk memasuki mode pemulihan pada iPhone, kamu harus menahan dan melepaskan kombinasi tombol pada perangkat dalam urutan tertentu setelah menghubungkannya ke komputer dan meluncurkan Apple Devices atau Finder.
Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik. Kemudian, ulangi tekan dan lepaskan tombol Volume Turun . Terakhir, tekan dan tahan tombol samping hingga muncul layar "Mode Pemulihan".
Aplikasi perangkat Apple atau Finder sekarang akan menampilkan pesan pop-up yang menunjukkan telah mendeteksi iPhone dalam mode pemulihan, setelah itu kamu dapat memilih untuk memperbarui perangkat kamu.
Bawa iPhone Kamu ke Apple
Jika semuanya gagal, layar hitam kemungkinan besar disebabkan oleh kerusakan fisik atau masalah perangkat keras lainnya. Dalam hal itu, kamu harus menghubungi Dukungan Apple atau membawa iPhone ke Apple Store terdekat.Meskipun layar hitam pada iPhone dapat langsung menimbulkan kekhawatiran, ada baiknya mencoba beberapa perbaikan perangkat lunak sebelum mencari bantuan profesional, terutama jika iPhone Kamu tidak rusak secara fisik.
Namun, jika terjadi masalah perangkat keras, kamu tidak punya pilihan selain menghubungi Apple atau penyedia layanan pihak ketiga untuk mendapatkan bantuan ahli.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News