Ilustrasi Telegram (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)
Ilustrasi Telegram (Foto: Unsplash/Christian Wiediger)

Cara Mudah Menyembunyikan Status Online di Telegram

Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Mei 2021 12:23
Jakarta: Aplikasi perpesanan Telegram kini kian meroket popularitasnya. Ini imbas dari kebijakan privasi dan persyaratan layanan baru WhatsApp sehingga banyak yang beralih ke Telegram.
 
Melansir The Guardian, selama tiga minggu pertama Januari 2021 Telegram telah mendapatkan 25 juta pengguna baru. Tercatat aplikasi ini masuk tiga besar aplikasi populer.
 
Telegram sekilas mempunyai fitur yang sama dengan dengan WhatsApp. Seperti mengirimkan pesan berupa teks, video dan gambar. Serta emoticon dan emoji bergerak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi besutan Pavel Durov ini juga dapat menampilkan informasi status online pengguna, sama seperti WhatsApp. Informasi tersebut akan muncul ketika pengguna mengguna aplikasi Telegram, baik saat berkirim pesan atau hanya membaca pesan masuk.
 
Meski begitu, terkadang ada pengguna yang tidak ingin selalu terlihat online dengan alasan privasi. Untuk itu, Telegram juga memberikan opsi setelan untuk menyembunyikan bisa menyembunyikan status online-nya.
 
Berikut cara menyembunyikan status online (terlihat) dan waktu aktif di Telegram.
 
1. Kik menu Pengaturan dan pilih opsi Privasi dan Keamanan.
Cara Mudah Menyembunyikan Status Online di Telegram
 
2. Setelah memilih opsi Privasi dan Keamanan, klik opsi waktu aktif dan Terlihat yang terdapat pada menu privasi.
Cara Mudah Menyembunyikan Status Online di Telegram
3. Langkah berikutnya, tentukan siapa saja yang bisa melihat status online Anda.
Ada dua opsi, kontak saya dan tidak ada.
 
Pilih kontak saya apabila ingin mengaktifkan status pada penerima yang sudah terdaftar di kontak. Namun jika ingin menonaktifkan sepenuhnya pilih opsi tidak ada.
 
Cara Mudah Menyembunyikan Status Online di Telegram
 
4. Setelah pengaturan selesai lanjutkan dengan lanjutkan dengan klik ikon "centang" yang terletak di sisi kanan atas aplikasi.
 
Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi yang mengingatkan pengguna juga tidak dapat melihat status online dan waktu terlihat orang lain. Nantinya akan ditampilkan perkiraan waktu terlihat terakhir (baru seminggu, seminggu lalu, sebulan lalu). Cukup tekan OK pada notifikasi tersebut.
 
Cara Mudah Menyembunyikan Status Online di Telegram
 
Pengguna Telegram juga dapat membuat daftar pengecualian yang dapat melihat status online. Anda bisa memasukan daftar kontak keluarga, teman dekat maupun orang terkasih.
 
 
(ACF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif