Atur Efek Suara di Windows 10 dengan Cara Ini
Ini langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan kustomisasi pada efek suara di Windows 10.
Jakarta: Sering merasa sebal karena mendengar efek suara yang sama setiap hari pada perangkat Windows 10 Anda? Bersamaan dengan opsi personalisasi, Windows 10 juga dilengkapi dengan efek suara untuk sistem dan aktivitas untuk aplikasi.

Efek suara ini dapat Anda manfaatkan sebagai pemberitahuan terkait aktivitas yang terjadi di perangkat seperti menghubungkan dan melepaskan periperal, notifikasi, pengingat daya baterai, eror dan sebagainya.

Agar lebih menyenangkan, Anda dapat mengubah dan menyesuaikan efek suara sesuai keinginan, dengan langkah berikut. Namun langkah ini juga dapat digunakan untuk menonaktifkan efek suara secara penuh pada komputer Anda.


1. Buka Settings

2. Klik Personalization

3. Klik Themes

4. Klik Sounds



5. Pada tab Sounds, Anda dapat menonaktifkan sistem suara secara keseluruhan atau melakukan kustomisasi pada salah satu yang diinginkan.

Untuk menonaktifkan suara, pada menu drop-down Sound Scheme, pilih No Sound. Sementara untuk mengaktifkan efek suara, klik pada menu drop-down Sound Scheme, pilih Windows Deafult.



Sedangkan untuk mengubah tipe suara, klik tipe yang diinginkan pada Program Events, dan pada menu drop-down, pilih suara yang tersedia di daftar. Anda juga dapat menguji suara dengan menekan tombol Test. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan suara dengan format file .wav dengan mengklik tombol Browse.



6. Klik Apply

7. Klik OK

Setelah menyelesaikan langkah di atas, konfigurasi suara akan secara otomatis digunakan di perangkat. Namun, konfigurasi ini dapat berubah jika Anda mengaplikasikan Windows Theme. Untuk menghindarinya, Anda juga dapat menyimpannya sebagai konfigurasi baru dengan mengklik tombol Save As.




Selamat mencoba!



(MMI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.