Cara menghubungkan laptop ke monitor sebagai layar sekunder.
Cara menghubungkan laptop ke monitor sebagai layar sekunder.

Tips & Trik

Ini Cara Hubungkan Laptop ke Layar Eksternal

Teknologi teknologi tips dan trik teknologi
Lufthi Anggraeni • 21 September 2020 16:30
Jakarta: Tidak peduli seberapa besar layar laptop, akan ada saatnya Anda diharuskan untuk melakukan multitasking untuk bekerja atau sekolah, dan menghubungkan monitor yang akan lebih membantu dalam melakukan aktivitas Anda.
 
Saat ini, laptop modern menawarkan kemampuan untuk terhubung ke monitor eksternal, dan akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih kreatif. Berikut hal yang perlu Anda persiapkan untuk menghubungkan laptop dengan monitor sekunder.
 
1. Cari tahu output yang didukung oleh laptop
Sebagai informasi, laptop modern umumnya didukung salah satu atau beberapa dari konektivitas berikut yaitu HDMI, mini-HDMI, port USB-C dengan Thunderbolt dan atau DisplayPort, DisplayPort, atau mini DisplayPort, dan laptop versi lama berbekal VGA dan DVI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Cari tahu input mendukung layar eksternal
Anda mungkin akan menemukan berbagai varian dari opsi berbeda, namun sebagian besarnya umumnya mendukung HDMI dan DisplayPort.
 
Jika perangkat Anda berbekal dukungan HDMI dan DisplayPort, pilihan ideal akan bergantung pada standar spesifik untuk masing-masing dukungan port, hal yang ingin Anda lakukan, dan kapabilitas masing-masing perangkat.
 
3. Temukan kabel penghubung kedua standar
Langkah akhir adalah untuk menghubungkan dua perangkat, dan cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan menemukan kabel yang bertugas menghubungkan dua standar tersebut. Sebagai contoh, jika laptop memiliki port USB-C yang mendukung DisplayPort dan monitor DisplayPort, Anda dapat menggunakan kabel dengan ujung USB-C ke DisplayPort.
 
Dan jika laptop dan monitor Anda mendukung HDMI, kabel HDMI standar dapat berfungsi. Untuk sejumlah skenario penggunaan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan dongle atau dock. Sebagai contoh, jika perangkat berbekal Thunderbolt 3 di laptop dan monitor berbekal HDMI, Anda dapat menggunakan kabel HDMI standar dengan dongle USB-C ke HDMI.
 
Dengan demikian, Anda akan dapat memanfaatkan dua layar untuk dapat memanfaatkan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan secara lebih nyaman. Selamat mencoba!
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif