Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Begini Spesifikasi Smartphone yang Cocok Bikin Konten Instagram Reels

Teknologi media sosial teknologi tips dan trik teknologi instagram
Cahyandaru Kuncorojati • 11 Agustus 2021 11:14
Jakarta: Instagram beberapa waktu lalu merilis fitur sekaligus konten baru bernama Reels. Di sini disediakan fitur untuk membuat konten video pendek yang banyak orang menilainya mirip dengan TikTok. Meskipun begitu ternyata Instagram Reels sangat diminati.
 
Hal tersebut bisa diketahui dari banyak konten orisinal Instagram Reels yang dibuat dan dibagikan, bukan repost alias posting ulang dari TikTok yang biasanya dikenali lewat watermark TikTok pada video. Instagram sudah memiliki basis pengguna global yang besar sehingga kepopuleran Reels bisa dengan cepat menjadi pesaing TikTok.
 
Kehadiran Instagram Reels bagi pengguna media sosial juga menambah daftar media yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten kreatif dan mengumpulkan banyak penggemar. Makanya Instagram Reels dipandang sebagai salah satu bentuk konten yang tidak boleh dilewatkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, dengan begitu banyak media sosial dan konten yang ingin diciptakan maka dibutuhkan smartphone yang juga mumpuni untuk bisa memuat semuanya dan menjadi alat pendukung kreativitas. 
 
Berikut ini Medcom.id sudah membuat beberapa kriteria spesifikasi smartphone yang cocok untuk membuat konten Instagram Reels seperti yang dijelaskan oleh produsen smartphone sekelas Samsung.
 
1. Kemampuan kamera
Konten Instagram Reels merupakan konten video sehingga memiliki smartphone dengan kemampuan kamera yang baik atau mencukupi sangat penting. Saat ini sudah banyak smartphone dengaan harga terjangkau di kelas menengah yang menawarkan kamera kemampuan 64MP.
 
Kemampuan tersebut bisa ditemukan pada bagian kamera belakang sehingga sangat penting untuk memilih smartphone dengan kemampuan kamera belakang yang bagus. Kamera depan dengan kemampuan saat ini di pasar sudah sangat mencukup selama di dukung pencahayaan yang cukup saat membuat video Instagram Reels.
 
Kualitas resolusi video yang bisa dihasilkan oleh kamera smartphone juga sangat penting sehingga video tidak buram saat diunggah ke Instagram Reels. Resolusi video FHD di smartphone ini saat ini sudah didukung oleh banyak media sosial sehingga tidak harus 4K.
 
2. Kapasitas RAM yang cukup besar
RAM merupakan bagian dari spesifikasi smartphone yang penting karena untuk mendukung multitasking atau akses aplikasi yang butuh kinerja cukup berat. Instagram Reels diakses tidak cuma untuk merekam video tapi juga melakukan penyuntingan hingga upload.
 
Kapasitas RAM yang kecil memiliki kemungkinan aplikasi mengalami masalah saat sedang digunakan. Hal ini jelas tidak menyenangkan karena berakibat video yang sedang dibuat terlanjur hilang atau belum selesai diunggah.
 
Makanya kapasitas RAM yang mencukupi mulai dari 6GB sudah sangat cukup membuat akses aplikasi dan konten Instagram Reels sangat lancar sementara kapasitas 4GB dirasa masih terlalu pas mengingat banyak sekali aplikasi yang digunakan di smartphone saat ini.
 
3. Kapasitas Memori Internal Besar
Tidak cuma RAM kapasitas memori internal besar di smartphone juga sangat penting. Hal ini dibutuhkan untuk menyimpan video yang sudah direkam dan disiapkan untuk di-edit sebelum diunggah ke Instagram Reels.
 
Beberapa pengguna juga gemar mengunggah video yang dibuat ke media sosial lain sehingga video yang sudah diunggah ke Instagram Reels ingin disimpan untuk dibagikan ke aplikasi lain misalnya TikTok.
 
Tidak sampai situ, video yang dibuat dengan kamera berkemampuan tinggi atau resolusi tinggi juga ikut menghasilkan video dengan ukuran file atau data yang besar. Makanya penting untuk mencari smartphone dengan memori internal besar dan masih bisa ditambah dengan memori eksternal seperti MicroSD.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif