Ilustrasi.
Ilustrasi.

Main HP di Toilet Duduk Berakibat Operasi, Kenapa?

Teknologi teknologi gadget
Cahyandaru Kuncorojati • 24 November 2020 17:05
Jakarta: Ada peringatan bagi orang yang gemar membawa HP atau smartphone saat berada di toilet duduk. Laporan terbaru menyebutkan bahwa hal tersebut berakibat Anda mengidap sebuah penyakit dan harus menjalani operasi.
 
Kasus ini diakui oleh seorang doktor ahli gastronetrologi asal Sydney, Australia, bernama Profesor Chris Berney. Tahun lalu dia melaukan operasi pada perempuan berusia 23 tahun yang membutuhkan operasi darurat akibat penyakit wasir.
 
Dikutip dari News.com.au, dia harus mengoperasi penyakit wasir di perempuan tersebut karena disebabkan ukuran ambeien yang sangat besar. Menurutnya ini adalah yang paling besar di antara 15 pasien berusia muda selama 18 bulan dengan kasus yang sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akhirnya, sang dokter bertanya berapa lama waktu yang mereka habiskan di toilet? Pasien menjawab bahwa mereka bisa bertahan hingga 20 sampai 30 menit di toilet. Kemudian terungkap bahwa penyebabnya adalah mereka asyik bermain HP dalam posisi masih di toiler duduk.
 
Berdasarkan penjelasan yang lebih ilmiah, mereka yang bermain HP sambil di toilet duduk dalam waktu lama ternyata menyebabkan peningkatan tekanan pada bawah perut yang bisa menimbulkan efek sembelit seperti yang dialami ibu hamil.
 
Kondisi tersebut berakibat oto sphincter yang ada di anus berkurang dan berakibat pembekuan darah. Kondisi ini akan menimbulkan benjolan yang dikenal sebagai ambeien. Profesor Chris Berney akhirnya merilis laporan ini dalam jurnal kesehatan Australia New Zealand Surgery.
 
Riset lebih mendalam di Amerika Serikat menemukan bahwa sembilan dari 10 orang membawa HP mereka saat berada di toilet. Menariknya di kalangan Gen Z atau yang lahir di periode tahun 1995-2010 sebanyak 96 persen mengaku tidak akan ke toilet tanpa membawa HP.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif