Bagi mereka yang memiliki printer dengan fungsi mencetak sekaligus memindai (scanner) mungkin hal ini tidak menjadi masalah serius. Namun berbeda bagi mereka yang tidak memilikinya.
Di sini kebutuhan tanda tangan digital menjadi sangat berguna karena Anda bisa menggunakannya kapan saja. Bagaimana cara membuat tanda tangan digital? Medcom.id sudah membuat panduannya yang bisa dipraktikan dengan mudah dan gratis.
1. Download aplikasi Adobe Acrobat Reader di ponsel atau smartphone dan buat akun gratis Adobe Document Cloud. Aplikasi Adobe Acrobat Reader digunakan untuk membuka file format PDF .
Nanti tanda tangan digital yang dibuat dan disimpan bisa digunakan di aplikasi tersebut baik di smartphone maupun komputer bahkan internet (web).
2. Buka dokumen yang mau ditandatangani dengan aplikasi Adobe Acrobat Reader, pilih ikon pensil dengan balon teks di bagian toolbar dan selanjutnya klik ikon pena.
3. Anda bisa memiliki menu bertuliskan Create Signature atau Buat Tanda Tangan. Selanjutnya pilih ikon bentuk kamera dengan tanda tambah "+" untuk mengaktifkan kamera dan memfoto tanda tangan yang sudah dibuat di kertas.
4. Pada proses tersebut aplikasi Adobe Acrobat Reader akan memindai dan menyimpan bentuk tanda tangan Anda. Hasil foto tanda tangan akan terlihat mirip seperti tangan tangan yang digoreskan langsung dengan pena dibandingkan sebuah foto.
5. Langkah terakhir adalah pilih menu Save Signature untuk menyimpannya ke layanan cloud dari Adobe Document Cloud sehingga bisa siap digunakan kapan saja saat membuka dokumen lewat Adobe Acrobat Reader.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id