NEWSTICKER
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Ubah Klik Dobel di Komputer Jadi Satu Kali Klik, Begini Caranya

Teknologi microsoft tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 17 Februari 2020 12:15
Jakarta: Di komputer maupun laptop kita terbiasa melakukan dua kali klik di mouse atau trackpad untuk membuka sebuah file. Langkah ini dilakukan untuk membuka sebuah file atau folder maupun mengakses sebuah aplikasi.
 
Apakah Anda tahu bahwa dua kali klik bisa diubah menjadi satu klik saja? Hal ini bisa dilakukan di Windows 10 untuk memudahkan penggunanya atau menyesuaikan gaya mereka bekerja.
 
Fungsi dobel klik sendiri untuk menghindari pengguna tidak sengaja membuka file atau aplikasi. Namun bagi sebagian pengguna mungkin sekali klik dinilai lebih cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini Medcom.id merangkaum cara mengubah klik dobel menjadi klik satu, dikutip dari How To Geek.
 
1. Masuk ke Windows Explorer
Di layar utama Windows 10. Pilih kolom Search atau pencarian yang ada logo kaca pembesar. Kemudian ketik File Explorer dan pilih ikon yang muncul. Bagi Anda yang sudah terbiasa bisa melakukan cara yang berbeda untuk mengakses File Explorer.
 
Ubah Klik Dobel di Komputer Jadi Satu Kali Klik, Begini Caranya
 
2. Masuk ke bagian Options di File Explorer
Setelah tampilan layar File Explorer muncul, pilih menu View di bagian atas, kemudian klik ikon Options yang ada di paling kanan.
 
Nantinya akan muncul pilihan lain. Pilih menu "Change Folder and Search Options". Apabila sudah maka akan muncul kotak dialog berisi beragam pilihan menu lain.
 
Ubah Klik Dobel di Komputer Jadi Satu Kali Klik, Begini Caranya
 
3. Mengubah klik dobel menjadi klik satu
Kotak dialog bernama Folder Options akan muncul. Di bagian halaman General, Anda akan melihat bahwa opsi double click sudah ditandai. Pilih opsi "Single-clik to open" untuk mengubahnya.
 
Selesai, kini Anda sudah megubah dobel klik menjadi satu klik untuk membuka file atau mengakses aplikasi. Apabila dulu untuk menandai tanpa membuka harus mengklik satu kali, kini cukup arahkan pointer ke ikon untuk menandainya.
 
Ubah Klik Dobel di Komputer Jadi Satu Kali Klik, Begini Caranya
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif