Pilihan fitur V-Sync dalam pengaturan sebuah game.
Pilihan fitur V-Sync dalam pengaturan sebuah game.

Fitur V-Sync di Game, Haruskah Aktif?

Teknologi games tips dan trik teknologi hardware
Cahyandaru Kuncorojati • 23 Juli 2019 17:48
Jakarta: Saat main game PC,Anda mungkin kerap masuk ke bagian Setting terutama bagian Video atau Graphics untuk mengatur kualitas grafis game. Tentu saja, semua ingin bermain di grafis terbaik alias Ultra. Hal ini tergantung spesifikasi PC atau laptop gaming.
 
Anda mungkin pernah menemukan sebuah fitur bernama V-Sync didalamnya. Fitur V-Sync dihadirkan dengan pliihan aktif atau tidak aktif. Pasti Anda pernah bertanya, apa fungsi V-Sync? Apakah harus diaktifkan atau tidak?

Apa itu V-Sync?

Mengutip Maketecheasier, V-Sync berfungsi menyesuaikan frame rate atau jumlah frame gambar yang dihasilkan kartu grafis dengan kemampuan monitor untuk menyajikannya, atau dikenal dengan refresh rate.
 
Kecepatan dan jumlah frame rate yang dihasilkan kartu grafis dikenal dengan perhitungan frame per second (FPS) atau frame per detik. Semakin besar angka FPS misalnya 60fps atau lebih, maka grafis atau pergerakan di dalam game semakin terlihat halus dan nyaman di mata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara refresh rate monitor biasanya bervariasi dan dihitung dalam satuan frekuensi Hz. Mudahnya, rasionya adalah 1:1, jadi monitor refresh rate 60Hz bisa menyajikan frame rate 60fps. Semakin besar angka refresh rate monitor semakin bagus, tapi juga semakin mahal harganya.

Kapan V-Sync Digunakan?

Saat frame rate yang dihasilkan kartu grafis tidak bisa disajikan monitor karena angka FPS lebih besar dibandingkan refresh rate monitor, maka akan terjadi screen tearing.
 
Fitur V-Sync di Game, Haruskah Aktif?
 
Misalnya, 100fps ingin ditampilkan di monitor 60Hz. Monitor akan kesulitan bekerja setara dengan kemampuan kartu grafis. Di monitor akan muncul sebuah garis horizontal yang membuat tampilan grafis seperti terpotong.
 
Satu garis screen tearing mungkin tidak masalah, tapi apabila lebih dari satu dengan lokasi di atas, tengah, dan bawah pada tampilan grafis, jelas sangat mengganggu.
 
Di sini fungsi V-Sync akan berguna untuk diaktifkan. V-Sync akan menekan performa atau FPS yang dihasilkan kartu grafis untuk sejajar dengan refresh rate monitor. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk mengurangi beban kerja prosesor, apabila kartu grafis yang digunakan lebih baik performanya.
 
Namun, ada dampak buruk saat menggunakan V-Sync. Karena performa kartu grafis ditekan untuk bisa setara dengan kemampuan refresh rate, sebagian gamer mungkin tidak akan puas dengan kualitas grafis yang disajikan.
 
Dampak buruk lain yang sedikit merugikan adalah, kartu grafis yang Anda miliki berjalan tidak pada performa maksimal padahal kualitas grafis sudah diatur ke tingkat Ultra. Jadi, gamer diharapkan lebih bijak saat menggunakan fitur V-Sync, terutama memiliki tingkat kualitas grafis sebagai cara lain menghindari screen tearing.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif