Berikut cara menggunakan Google Docs untuk pengguna yang baru akan menggunakannya.
Berikut cara menggunakan Google Docs untuk pengguna yang baru akan menggunakannya.

Tips & Trik

Ini Cara Menggunakan Google Docs untuk Pemula

Lufthi Anggraeni • 18 September 2024 06:36
Jakarta: Google Docs merupakan salah satu layanan Google yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengelola kata dan dokumen, layaknya layanan Word yang ditawarkan oleh Microsoft, namun dengan keterhubungan dengan internet.
 
Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Microsoft Word mungkin akan menemukan sedikit kesulitan saat menggunakan Google Docs. Sebagai informasi, keterhubungan dengan internet memungkinkan kamu untuk menyimpan dokumen secara online.
 
Hal ini membantu kamu menghindari risiko dokumen tidak tersimpan karena lupa menyimpan atau perangkat mati secara mendadak. Namun, Google juga menyediakan fitur offline, memungkinkan kamu untuk mengedit dokumen saat perangkat tidak terhubung ke internet.

Keterhubungan dengan internet juga memungkinkan kamu memanfaatkan Google Docs sebagai medium kolaborasi, sebab dapat memberikan akses dengan alamat Gmail lain. Berikut cara membuat dokumen di layanan Google Docs.
 
Via Tautan
Kamu bisa menggunakan tautan khusus yang disediakan oleh Google untuk membuat proposal, tugas, CV, skripsi dan lainnya dengan langkah berikut.
 
1. Akses situs khusus Google Docs (https://docs.google.com via peramban di laptop atau komputer
2. Login menggunakan akun Google
3. Pilih lembar kosong untuk membuat dokumen baru dengan memilih ikon tanda tambah
4. Atau, kamu juga bisa memilih template yang tersedia, seperti membuat surat, CV, atau proposal.
5. Kamu juga bisa membuat dokumen baru secara langsung dengan menyalin atau membuat tautan https://docs.google.com/create
 
Via Google Search
Untuk akses cepat lain, kamu juga bisa memanfaatkan Google Search di Google Chrome, namun kamu perlu memastikan sudah login ke akun gmail sehingga bisa memanfaatkan fitur ini. Berikut cara membuat dokumen baru dengan fitur ini.
 
1. Buka Google Search atau Chrome di laptop atau komputer
2. Klik ikon titik  berbentuk persegi di sebelah gambar profil Google
3. Temukan dan klik Docs
4. Pilih dokumen baru ataupun template yang tersedia
 
Setelah membuat dokumen, kamu bisa membagikannya kepada pengguna lain melalui tautan. Kamu juga bisa mengatur tindakan yang bisa dilakukan pihak lain tersebut pada dokumen. Berikut cara membagikan tautan dokumen kepada pihak lain.
 
1. Klik menu Bagikan di bagian sudut kanan atas dokumen
2. Pilih satu dari dua opsi akses yang tersedia, Publik atau Siapa saja yang memiliki link
3. Atur akses untuk pengguna yang mendapatkan tautan tersebut, yaitu hanya bisa melihat atau meninjau, bisa memberikan komentar, atau sebagai editor dan bisa mengedit dokumen itu
4. Klik Salin atau Copy tautan
5. Tempel atau paste di lokasi yang diinginkan, seperti email atau aplikasi chat
6. Klik Selesai
 
Sementara itu, untuk mengoptimalkan penggunaan Google Doc, kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur yang tersedia, termasuk edit secara offline, mengubah ucapan menjadi teks, menambahkan kosakata di Dictionary, serta menggunakan jalan pintas atau shortcut di keyboard, fitur Find and Replace, dan memeriksa riwayat atau history revisi. Selamat mencoba!
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(MMI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan