Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tips & Trik

Jangan Asal, Begini Cara Cek Komputer dan Laptop Kita Bisa Buat Main Game atau Tidak

Teknologi tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 08 Mei 2022 16:08
Jakarta: Tidak cuma smartphone, komputer atau PC dan laptop juga bisa digunakan bermain game. Ada banyak game yang dirilis untuk PC dan laptop tapi tidak tersedia di smartphone. Game tersebut juga menyediakan gameplay atau permainan yang lebih luas dan menarik dari game mobile.
 
Namun seiring perkembangan zaman maka game saat ini jelas semakin canggih, lihat saja kualitas grafisnya yang semakin mirip dunia nyata. Tidak perlu berkecil hati, di internet juga masih tersedia game lawas yang dijual dengan harga murah dan masih seru untuk dimainkan, tidak hanya nostalgia.
 
Tentu saja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui komputer atau laptop kita bisa buat main game atau tidak. Bagaimana cara mengetahuinya? Berikut ini Medcom.id sudah menyiapkan tips cara cek komputer dan laptop bisa buat main game atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cek Spesifikasi Komputer atau Laptop
1. Tekan tombol berlogo Windows dan huruf "R" bersamaan sehingga muncul kotak dialog di bagian bawah layar.
 
2. Di kotak dialog tersebut ketikan kalimat dxdiag dan tekan menu OK.
 
3. Anda akan menerima sebuah menu dialog yang meminta izin untuk terhubung ke internet, setujui permintaan ini dan akan muncul kotak informasi bernama DirectX Diagnostic Tool.
 
4. Di menu tab System pada DirectX Diagnostic Tool akan muncul informasi berupa sistem operasi, prosesor yang digunakan serta kapasitas memori atau RAM.
 
5. Pilih tab Display 1 dan Display 2 yang berada di bagian atas untuk melihat informasi mengenai kartu grafis (VGA/GPU) yang digunakan, baik kartu grafis terintegrasi maupun kartu grafis diskrit.
 
Cek Kapasitas Storage
Pada bagian tersebut Anda mungkin tidak bisa mengetahui kapasitas storage atau memori penyimpanan yang terpasang. Apabila Anda juga mau mengeceknya lakukan langkah berikut.
 
1. Klik menu Start di sudut kiri bawah layar laptop
 
2. Klik kata “System” sehingga muncul hasil pencarian dan pilih hasil paling atas “System. Control Panel”.
 
3. Selanjutnya akan terbuka halaman baru berisi informasi spesifikasi laptop seperti pada panduan pertama. Langkah selanjutnya adalah melihat pilihan menu di deretan kiri.
 
4. Klik menu “Storage” pada deretan menu di sebelah kiri, Anda akan diberikan informasi kapasitas total memori penyimpanan dan yang sudah terpakai.
 
Cek Spesifikasi Game yang Ingin Dimainkan
Langkah ini sangat mudah, Anda cukup membuka Google dan masukan kata kunci pencarian berupa nama game dan tambahkan kata ‘specification’ atau ‘system requirement’.
 
Di sini akan muncul semua informasi terkait spesifikasi atau kebutuhan PC dan laptop yang diminta game untuk bisa memainkannya. Cara lain yang sama praktisnya adalah membuat platform atau situs penjualan game, misalnya Steam, dan cari nama game tersebut.
 
Sebelum Anda membeli game cek bagian spesifikasi atau system requirement di bagian bawah halaman game tersebut. Anda harus tahu bahwa spesifikasi atau system requirement biasanya terbagi menjadi dua bahkan lebih.
 
Pembagian tersebut yaitu minimum requirement alias spesifikasi minimum yang harus dimiliki dan recommended alias yang direkomendasikan agar game berjalan optimal. Kini Anda tinggal mencocokannya dengan spesifikasi komputer atau laptop.
 
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif