Tetris adalah game yang mudah dipelajari tapi sulit dikuasai. (Arika / Nintendo)
Tetris adalah game yang mudah dipelajari tapi sulit dikuasai. (Arika / Nintendo)

Tips Main Tetris dari Juara Dunia 7 Kali

Teknologi games tips dan trik teknologi
Ellavie Ichlasa Amalia • 25 Februari 2019 15:30
Jakarta:Pada pertengahan Februari lalu, Tetris 99 diluncurkan. Game ini mempertarungkan 99 pemain dalam sebuah game Tetris.
 
Jika Anda memiliki jiwa kompetitif dan tidak ingin kalah dalam game ini, Anda bisa menyimak beberapa tips bermain Tetris dari Jonas Neubauer, orang yang telah memenangkan Classic Tetris World Championship sebanyak tujuh kali.
 
1. Mengerti cara kerja Tetris
Dalam Tetris, Anda akan mendapatkan ruang seluas 10x20 kotak. Tugas Anda adalah mengatur blok yang muncul secara random sehingga blok-blok itu membentuk garis horizontal. Nilai yang Anda dapatkan akan tergantung pada tinggi balok yang Anda selesaikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda bisa melihat daftar skor yang akan Anda dapatkan pada tabel di bawah.
Baris yang terbentuk Nilai yang Anda dapatkan
1 100 poin x level
2 300 poin x level
3 500 poin x level
4 (Tetris) 800 poin x level

Membentuk Tetris -- garis horizontal setinggi empat blok -- akan memberikan nilai paling tinggi. Karena itu, jika Anda ingin mendapatkan nilai paling tinggi, Anda harus membentuk Tetris sesering mungkin. Anda bisa melakukan ini dengan menyusun blok dengan ukuran 9x4 dan mengisi kolom terakhir dengan balok berbentuk "I".
 
Namun, jika Anda memainkan game kompetitif seperti Tetris 99, maka cara terbaik untuk menang adalah dengan membentuk garis horizontal secepat mungkin dan menyerang balik lawan, seperti yang disebutkan Polygon.
 
2. Bentuk permukaan datar
Bagi pemain Tetris pemula, salah satu tips yang bisa Anda ikuti adalah membentuk permukaan yang relatif datar. Dengan begitu, Anda akan memiliki opsi yang lebih banyak untuk meletakkan balok yang muncul.
 
Sebisa mungkin, jangan menimbun balok dengan ketinggian lebih dari dua kotak atau membentuk lubang dengan kedalaman lebih dari dua kotak. Karena, satu-satunya cara untuk mengisi lubang dengan kedalaman tiga blok atau lebih adalah menggunakan balok berbentuk I.
 
Tips Main Tetris dari Juara Dunia 7 Kali
Foto:Sonic Team/Bitbaoon/Sega
 
Satu hal lain yang harus perhatikan, jika Anda ingin menimbun balok untuk mendapatkan Tetris, maka sebaiknya Anda membuat timbunan itu di tengah.
 
2. Kuasai sistem rotasi balok
Masing-masing balok di Tetris bisa Anda putar searah dengan jarum jam atau terbalik dari jarum jam. Kebanyakan game Tetris menggunakan SRS (Super Rotation System). Namun, ada beberapa game yang memiliki sistem rotasi sendiri.
 
Sebaiknya, Anda mengingat bagaimana bentuk sebuah balok ketika ia diputar searah jarum jam atau sebaliknya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan balok dengan bentuk yang Anda perlukan tanpa harus terlalu sering melakukan rotasi.
 
3. Buat keputusan dengan cepat
Salah satu strategi penting yang harus Anda kuasai, menurut Neubauer adalah membuat keputusan untuk meletakkan sebuah balok dengan cepat, meski itu bukan penempatan yang maksimal. Jika Anda berpikri terlalu lama, ini justru bisa merusak konsentrasi Anda dan berakhir dengan kesalahan dalam menempatkan balok.
 
Tidak peduli seberapa hati-hati Anda dalam meletakkan balok, ada kalanya Anda pasti salah menempatkannya. Karena itu, lebih baik Anda menentukan secara instan dimana Anda ingin meletakkan sebuah balok.
 
4. Simpan balok untuk mendapatkan skor tinggi
Di Tetris, Anda bisa menyimpan satu balok untuk digunakan saat Anda memerlukannya. Biasanya, para pemain pemula akan menyimpan balok yang mereka tidak tahu harus diletakkan dimana.
 
Menurut Neubauer, sebaiknya Anda menyimpan balok yang akan berguna untuk mendapatkan skor lebih tinggi, yaitu balok berbentuk I.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi