Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kenapa Akun Facebook Anda Diblokir?

Teknologi media sosial facebook tips dan trik teknologi
Cahyandaru Kuncorojati • 10 Februari 2019 09:33
Jakarta:Facebook merupakan media sosial terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Mengutip laporan dari riset We Are Social pada Maret tahun lalu, Indonesia menjadi negara keempat di dunia dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak.
 
Disebutkan bahwa hingga Januari 2018, di Indonesia ada 130 juta akun Facebook. Kini, Facebook tengah berbenah dengan memerangi akun palsu, konten hoaks, serta konten lain yang mengacaukan industri media sosial termasuk dunia nyata.
 
Belum lama ini, akun Facebook pegiat media sosial bernama Permadi Arya yang menggunakan nama Abu Janda di Facebook diblokir. Namanya juga masuk ke dalam pernyataan resmi Facebook. Ada beberapa alasan bagi Facebook untuk memblokir sebuah akun atau Page.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian dari Anda mungkin juga pernah mengalami ketika Anda menemukan bahwa akun Anda tiba-tiba telah diblokir oleh Facebook sehingga tidak bisa diakses. Mengapa Facebook memblokir akun seseorang?
 
Sebenarnya, Facebook berhak untuk memblokir akun siapa saja, baik setelah akun itu dilaporkan banyak pengguna atau karena Facebook melakukan investigasi sendiri.Facebook memberikan penjelasan tentang beberapa alasan mereka memblokir akun atau Page seseorang.
 
1. Mengunggah konten yang tidak sesuai dengan ketentuan Facebook
Contoh konten yang tidak sesuai dengan peraturan Facebook antara lain konten kekerasan, hoaks, konten terkait ujaran kebencian dan memprovokasi ke arah tindakan kriminal, serta konten negatif seperti pornografi dan perjudian.
 
2. Menggunakan nama palsu
Apabila sebuah akun aktif mengunggah beragam konten tapi tidak menggunakan nama asli maka Facebook bisa saja melakukan investigasi dan menutup akun tersebut. Hal ini untuk menghindari platform Facebook digunakan tidak semestinya.
 
3. Berpura-pura menjadi orang lain
Alasan ini masih serupa dengan yang sebelumnya. Akun palsu yang digunakan untuk berpura-pura menjadi orang lain bisa menjadi alat bagi kriminal untuk melakukan tindakan penipuan. Metode ini dikenal nama pishing dan scamming di dunia internet.
 
4. Melakukan tindakan yang melanggar kebijakan komunitas Facebook
Saat pengguna Facebook mendapatkan teguran, maka akun tersebut tidak akan langsung diblokir. Namun, apabila sang pengguna tetap melakukan sesuatu yang melanggar kebijakan Facebook, maka Facebook berhak langsung memblokir atau bahkan menghapus akun tersebut.
 
5. Menghubungi akun lain untuk tujuan jahat
Facebook menyatakan berhak memblokir atau menghapus sebuah akun apabila diketahui digunakan untuk pelecehan, periklanan, promosi, atau perilaku lainnya yang dilarang.
 
Apabila Anda merasa tidak melanggar ketentuan dan akun Anda tetap diblokir atau dihapus, Facebook menyediakan halaman formulir untuk mengajukan gugatan banding yang akan ditanggapi oleh tim investigasi Facebook.
 

(ELL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor : Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard : ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
  • RAM : Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
  • VGA : Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
  • Pendingin : Noctua NH-U21S
  • Storage : Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
  • PSU : Corsair RM 850X
  • Monitor : ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
  • Mouse : Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
  • Mousepad : Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
  • Keyboard : Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
  • Headset : Corsair HS60, Corsair HS70

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif