ASUS ROG Strix G G531D.
ASUS ROG Strix G G531D.

ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah

Teknologi teknologi asus hardware review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 28 Oktober 2019 14:49
Jakarta: ASUS ROG harus diakui masih jadi merek laptop gaming yang mendominasi pasar Indonesia menurut klaim ASUS. Banyak konsumen yang beranggapan laptop gaming merek ini memiliki harga pasar yang tergolong tinggi karena kepopulerannya.
 
Hal ini yang kemudian membuat ASUS menelurkan satu sub-brand gaming di harga terjangkau yaitu TUF Gaming. Tetap saja, rasanya merek ASUS ROG masih jauh lebih prestise. Akhirnya, beberapa waktu lalu ASUS ROG menyediakan varian yang harganya termasuk termurah di keluarganya.
 
ASUS mengumumkan kehadiran ROG Strix G yang dibanderol mulai dari Rp14.299.000 untuk spesifikasi termurahnya, alasannya seri ini menyediakan beberapa varian spesifikasi. Medcom.id berkesempatan menjajal seri ASUS ROG Strix G G531D.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Soal desainnya,ASUS ROG Strix G G531D punya desain yang tidak berbeda dari seri ASUS ROG Strix Hero III dan Scar III. Desain kedua laptop ini digagas ASUS bersama BMW Designworks Group. Misalnya, model engsel layar yang disebut terinspirasi pintu mobil sport.
 
ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah
 
Desainnya memang benar-benar baru. Bagian bodi belakangnya mengusung desain cut-out asimetris yang berfungsi untuk bagian sistem pendingin dan aliran udara. Sama seperti seri ASUS ROG lainnya, masih ada fitur Anti-Dust Cooling di sistem pendingin.
 
Sekilas memang desain bodi belakangnya terlihat aneh, tapi menurut Medcom.id ini jadi cara mudah mengenali laptop gaming tersebut. ASUS ROG Strix G G531D menaruh lubang untuk adapter charger serta port LAN dan HDMI di bagian belakangnya.
 
ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah
 
Meskipun penggunanya akan harus meraba saat ingin menggunakan port yang ada dibelakang justru ini menjadi nilai plus. Artinya, tidak banyak kabel yang mengganggu di sisi kiri apalagi sisi kanan yang biasa menjadi posisi mousepad.
 
Beralih ke bagi sisi bodinya, terlihatASUS ROG Strix G G531D masih punya bentuk bodi yang ramping. Di sini tersedia tiga port USB dan combo audio jack yang semuanya terletak di sisi kanan. Sekali lagi, desain ini membuat mousepad yang digunakan pada sisi kanan jadi tidak terganggu.
 
ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah
 
Sebagian orang mungkin akan menilainya masih tebal, tapi harus diingat ini bukan seri ROG Zephyrus. Bobotnya juga masih tergolong ringan.ASUS ROG Strix G G531D yang memiliki ukuran layar 15,6 inci punya bobot 2,57 kilogram.
 
Resolusi layar yang disajikan adalah 1920x1080 FHD panel IPS-level dan punya refresh rate 120Hz. Desain layar ini punya bezel tipis di bagian atas dan sisi kanan serta kiri serta satu hal, tidak ada webcam yang tersedia.
 
Beralih ke keyboard, ASUS ROG Strix G G531D punya keyboard terasa lega dengan ukuran keycaps yang besar. Konsekuensinya numpad hilang. Di bagian paling atas terdapat dedicated button untuk volume, mute, serta tombol opsi performa sistem pendingin dan akses ke ROG Armoury Crate.
 
Keycap bagian WASD hadir dengan warna putih yang membuatnya memiliki efek tampilan berbeda saat backlit RGB menyala. Backlit RGB tersebut bisa dikustomisasi, namun ASUS ROG Strix G531D tidak mendukung kustomisasi warna per key.

Fitur

ASUS ROG Strix G G531Dpunya unsur yang sangat mirip dengan ROG Strix Scar III maupun Strix Hero III, tapi yang paling membedakannya adalah fitur ROG Keystone. Laptop gaming ini tidak punya fitur ini, berbeda dari dua seri yang disebutkan.
 
Perlu diketahui ROG Keystone merupakan semacam kunci yang ketika terpasang bisa melihat dan mengakses drive yang disembuyikan atau Shadow Driver. Hal ini berada di sisi kanan bodi laptop.
 
ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah
 
Fitur lain yang masih selalu ditemukan di seluruh jajaran laptop ASUS ROG yaitu Armoury Crate. Software ini menyediakan dashboard untuk memantau atau konfigurasi performa pada preset tertentu. Tersedia juga daftar aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk mendukung pengalaman bermain game di ASUS ROG Strix G G531D.
 
Di sisi kualitas audio ASUS ROG Strix G531D tergolong memuaskan. Di volume tinggi suaranya tidak pecah dan tajam sehingga tanpa harus bermain menggunakan headset. Preset equalizer audionya juga bisa dikonfigurasi lewat ASUS ROG Armoury Crate.
 

Bagaimana Performanya?

ASUS ROG Strix G sebenarnya hadir dengan beragam varian spesifikasi yang dibedakan dari prosesor, kapasitas RAM dan memori internal, ukuran layrar dan ukurna kartu grafisnya.
 
Medcom.id mengujiASUS ROG Strix G G531D yang memiliki prosesor Intel Generasi ke-9 Core i5-9300H dengan japasitas RAM 8GB DDR4 2666MHz dan memori penyimpanan data berbasis SSHD 1TB. Melihat spesifikasi dapur pacunya, laptop ini tergolong masuk di kelas menengah.
 
Penilaian tersebut terlihat dengan jenis kartu grafis yang digunakannya.ASUS ROG Strix G G531Dyang Medcom.id uji menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050 4GB. Dalam pengujian pertama, Medcom.id mencari tahu performa yang bisa disajikan oleh laptop gaming ini.
 
Pengujian dilakukan menggunakan beberapa software yaitu PCMark 10 di skenario Modern Office, 3DMark mode Fire Strike, dan Cinebench R20. Hasil yang dicatat Medcom.id menunjukanASUS ROG Strix G G531D memiliki performa yang tidak buruk dengan spesifikasi yang dibawa.
Pengujian PCMark 10 3DMark Firestrike Cinebench R20 (single) Cinebench R20 (multi)
Skor 3760 5521 413 2003

Skor hasil pengujian memperlihatkanASUS ROG Strix G G531D masih bisa diandalkan untuk kebutuhan komputasi termasuk pengolahan grafis meskipun kartu grafisnya tergolong kelas entry.
 
Dari spesifikasi yang tergolong menengahASUS ROG Strix G G531D diuji untuk memainkan tiga game di resolusi 1920x1080 di kualitas grafis High. Pertimbangan tidak memiliki kualitas grafis Ultra karena jenis kartu grafis yang dan jenis game yang akan membuat frame rate menjadi sangat rendah.
 
ASUS ROG Strix G G531Ddiuji untuk memainkan game Assassin's Creed Odyssey, The Witcher 3: Wild Hunt, dan World War Z. Hasilnya tercatat frame rate di tingkat rata-rata saat game dimainkan bisa berjalan cukup stabil dan menyentuh angka 30fps.
 
Hasil ini menunjukanASUS ROG Strix G G531D masih sangat bisa diandalkan untuk memainkan game terkini atau game kelas AAA di kualitas grafis High atau yang tergolong tinggi.
 
ASUS ROG Strix G, Laptop ROG Termurah
 
Di daya tahan baterainya, hasil pengujian PCMark 10 Modern Office memperlihatkanASUS ROG Strix G G531D bisa bertahan hingga 3 jam 20 menit. Daya tahan ini bisa dicapai dengan tingkat kecerahan layar 25 persen dan backlit RGB dinonaktifkan.
 
Kesimpulan
ASUS ROG Strix G531D yang diuji Medcom.id mungkin memiliki spesifikasi yang tergolong menengah. Namun, dari hasil pengujian memperlihatkan laptop gaming ini tetap bisa diajak bermain game terkini dan di kualitas grafis High.
 
Soal performanya tidak perlu diragukan lagi, termasuk dari tampilannya.ASUS ROG Strix G G531D masih punya tampilan sama identik dengan seri ASUS ROG Strix Scar III dan Hero III. Sayangnya, perbedaan tingkat atau segmen membuat fitur ROG Keystone juga absen dari laptop ini.
 
ASUS ROG Strix G G531Ddibanderol dengan harga mulai dari Rp14.299.000 dalam beragam varian spesifikasi. Harga ini termasuk sangat murah untuk laptop bermerek ASUS ROG. Dari spesifikasiASUS ROG Strix G G531D yang kami uji kemungkinan laptop gaming ini dibanderol dengan harga terendah dari angka tadi.
SPESIFIKASI ASUS ROG Strix G G531D
Prosesor Intel Core i5-9300H
RAM 8GB DDR4 2666MHz
Memori Internal 1TB SSHD
Layar 15,6 inci IPS-level FHD (1920x1080) 120Hz
GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 GDDR 4GB
Bobot 2,57kg
Dimensi 360 x 275 x 24,9mm
Harga Mulai dari Rp14.299.000
8.8
ASUS ROG Strix G G531D
Plus
  • Tampilan sama dengan versi ROG Strix Scar III dan Hero III
  • LED RGB menghiasi tampilan visual
  • Performa masih memuaskan
  • Harga murah
Minus
  • Spesifikasi kartu grafis terlalu rendah
  • Tidak ada ROG Keystone

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif