Huawei P30 Pro.
Huawei P30 Pro.

Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa

Teknologi huawei review gadget
Cahyandaru Kuncorojati • 07 April 2019 22:19
Jakarta: Setelah Mate 20 Series, Huawei mengumumkan smartphone flagship terbarunya yang kini dari seri P lewat Huawei P30 Series yang dirilis beberapa minggu lalu di Prancis.
 
Huawei P30 Series adalah penerus dari seri P20. Masih dengan formula yang sama, Huawei P30 Series hadir dengan tiga varian produk. Mulai dari Huawei P30 Lite, P30, dan P30 Pro.
 
Medcom.id lebih dulu menjajal salah satunya, yaitu Huawei P30 Pro. Hal ini membuat Medcom.id sedikit teringat dengan ulasan Huawei P20 Pro yang pernah dibuat. Apakah Huawei P30 Pro menjadi lebih baik atau lebih buruk?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Desain

Huawei P30 Pro mencoba menawarkan pembaruan dari generasi sebelumnya. Ini terlihat dari ukuran layar dan bodi yang lebih besar. Kali ini, bodinya yang berdimensi 158 x 73.4 x 8.4 mm mengusung layar 6,47 inci berpanel OLED.
 
Rasio layar ke bodi yang kini mencapai 88,6 persen juga mendukung model edge dan poni tear drop. Pengalaman penggunaan melalui layar menjadi lebih besar, dan ini akan terasa ketika bermain game atau menonton film.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Model layar ini bukan hal baru, Huawei telah menyematkannya lebih dulu pada Mate 20 Pro. Salah satu kelebihan yang saya rasakan dari ukuran fisik Huawei P30 Pro adalah lebih pas digenggam dan lebih ergonomis dalam satu tangan. Memang, dalam pengoperasian sehari-hari, Anda mungkin cukup sulit mengakses beberapa perintah jika hanya dengan satu tangan.
 
Dari segi tampilan, Huawei meyakinkan konsumen mereka bahwa P30 Pro bukan hanya menyediakan spesifikasi yang lebih canggih, tetapi juga desain yang lebih menarik. Selain tampilan layar keseluruhan yang lebih luas, pada sisi belakanganya juga terpasang desain yang lebih elegan.
 
Ponsel ini tetap mengusung pilihan warna gradasi yang lebih menarik. Unit yang saya jajal menggunakan warna Breathing Crystal, yang memperlihatkan warna ungu, biru, dan putih.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Tak lupa desain kamera belakang yang memberikan kesan tidak sembarangan. Tiga kamera Huawei P30 Pro terpasang dalam satu bingkai, dengan dua kamera membulat seperti biasa, dan satu lensa berbentuk kotak. Model bingkai ini tersusun secara vertikal, tidak mengikuti terobosan yang hadir pada Mate 20 Pro. Meskipun begitu, ini merupakan ciri khas yang cukup keren.
 
Untuk tekstur bodi belakang, Huawei P30 Pro menyematkan bodi semi kaca. Seperti biasa, bodi ini punya kekurangan yang sudah lazim, yaitu mudah kotor karena bekas sidik jari. Hal ini juga saya rasakan pada ponsel Huawei P generasi sebelumnya. Ini membuat penggunanya membeli casing pelindung.
 
Huawei P30 Pro menggunakan lapisan yang lebih baik. Huawei mengatakan bahwa bodi belakangnya menggunakan sembilan lapisan yang bisa mengurangi masalah ini.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Selama pemakaian, saya menemukan bahwa bekas sidik jari tidak begitu terlihat, sehingga tidak membuat khawatir bahwa si pengguna harus membersihkannya setiap saat. Dengan kata lain, pengguna bisa tetap memamerkan warna gradasi ini lebih baik.
 

Software

Huawei P30 Pro sudah mengadopsi Android 9.0 Pie yang berduet dengan EMUI 9.1. Antarmuka ini menkankan tampilan yang sudah dimodifikasi, sehingga pengguna ponsel Huawei mudah mengenalinya. Soal fitur software, Huawei P30 Pro menghadirkan beberapa kemampuan yang menarik.
 
Salah satu fitur yang layak dilihat adalah Digital Balance melalui pilihan Menu. Fitur ini menampilkan statistic penggunaan smartphone rata-rata per minggu, begitu jgua dengan aplikasi apa saja yang diakses. Anda juga bisa melihat sudah berapa kali Anda membuka kunci ponsel per hari dan per minggu.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Huawei P30 Pro juga tetap menekankan beberapa fitur bawaan Huawei, seperti HiCare, yang bisa memantau kebugaran pengguna ketika diaktifkan. Huawei juga menyediakan Smart Remote yang menjadikan ponsel pengatur televisi, baik yang pintar maupun yang biasa.
 
Untuk transfer data, Huawei memasang Phone Clone dan Huawei Share. Phone Clone mempercepat pemindahan data dari ponsel lama ke baru, termasuk pengaturan yang sudah dikustomisasi.
 
Huawei Share untuk transfer data aseperti foto dan video yang lebih cepat dari Bluetooth. Tak lupa juga aplikasi penerjemah hasil kerja sama Huawei dan Microsoft.
 

Kamera & Video

Huawei P30 Pro hadir dengan kamera depan 32MP dan empat buah kamera belakang yang disusun secara vertikal. Tiga lensa kamera paling pinggir terdiri dari yang paling atas adalah lensa 40MP Wide Angle f/1.6 OIS kemudian lensa 20MP Ultra Wide Angle f/2.2, dan terakhir adalah lensa 8MP Telephoto f/3.4 OIS.
 
Di sebelahnya terdapat LED Flash dengan sebuah lensa kecil di bagian bawahnya bernama Huawei Time-of-flight (TOF) Camera. Kamera TOF ditujukan untuk mendapatkan ukuran jarak lensa denga objek lebih akurat. Hasilnya foto terlihat semakin tjam dengan efek bokeh yang semakin semurna.
 
Seperti seri smartphone Huawei sebelumnya, dukungan teknologi AI atau kecerdasan buatan dari SoC Huawei Kirin masih bisa ada di kameranya. Mode pintar AI serta Huawei AI Image Stabilization mampu membuat semua hasil foto dari kamera Huawei P30 Pro menjadi sempurna.
 
Pengalaman Medcom.id menjajalnya, sulit untuk menemukan kekuranganya. Kamera belakang Huawei P30 Pro dengan sertifikasi Leica tetap menuai pujian dari Medcom.id. Kemampuannya semakin luar biasa karena kondisi sekitar yang gelap menurut penglihatan ternyata masih bisa tertangkap jelas.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Bermodalkan lensa demikian banyak Huawei P30 Pro juga masih memiliki kemampuan zoom atau pembesaran luar biasa seperti Huawei P20 Pro. Kamera belakangnya mampu melakukan zoom optik hingga 5x dengan lensa yang sangat stabil dan hasil foto tajam.
 
Kameranya juga masih bisa melakukan zoom hingga 10x tapi sudah dengan mode zoom digital. Hasilnya juga masih tergolong tajam meskipun dalam proses pengambilannya sangat sensitif, sedikit guncangan akan menggeser fokus objek foto yang ada di layarnya.
 
Belum selesai, Huawei P30 Pro dapat mengambil foto dengan zoom 50x. hasil kualitas foto memang tidak akan tajam, tetapi masih bisa menangkap bentuk objek secara jelas. Sangat disarankan menggunakan tripod atau perangkat sejenis yang tidak akan membuat getaran pada ponsel.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Beragam mode foto di Huawei P30 Pro juga sangat banyak seperti seri sebelumnya. Untuk kemampuan merekam video mendukung resolusi 2160p di 30fp, 1080 di 60fps, dan 720p di 960fps dan dilengkapi kemampuan Gyro-EIS serta Huawei AI Imagae Stabilization sehingga fokus video sangat stabil.
 

Bagaimana Perfomanya?

Huawei P30 Pro juga sudah mengadopsi SoC Huawei Kirin 980 yang diciptakan dalam ukuran 7nm. SoC ini sebelumnya juga sudah digunakan pada seri Huawei Mate 20 Series yang diiluncurkan lebih dahulu dan Medcom.id ulas.
 
Dukungan lainnya adalah RAM 8GB dan memori internal 256GB. Memori internalnya masih ditambah lagi hingga 256GB menggunakan Nano Memory yang dipasang pada slot SIM 2. Hal ini disebabkan Huawei P30 Pro mengusung slot Dual SIM Hybrid.
 
Dalam pengujian yang dilakukan Medcom.id pada Huawei P30 Pro, tercatat menghasilkan skor cukup baik yang berada di kelas premium. Pada pengujian 3DMark Sling Shot Extreme OpenGL 3.1 tercatat skor sebesar 2.098 poin dan di 3DMark Sling Shot Open GL 3.1 sebesar 3.254 poin.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Beralih ke pengujian untuk multitasking lewat PCMark work 2.0, Huawei P30 Pro berhasil mendapatkan skor 7.801. Sayangnya dalam pengujian baterai ternyata kapasitas baterai sebesar 4.200 mAh hanya bisa bertahan selama 6 jam 43 menit, dalam pengujian menggunakan aplikasi PCMark.
 
Daya tahan tersebut tidak buruk, tapi di luar sana masih ada smartphone dengan kapasitas baterai sedikit lebih kecil dari Huawei P30 Pro, dan lebih tahan lama.
 
Huawei P30 Pro, Makin Bagus Makin Istimewa
 
Performa gamingnya tidak diragukan lagi. Huawei P30 Pro mampu memainkan game PUBG konfigurasi grafis dan framerate tertinggi tanpa stuttering atau tersendat. Meskipun rasa hangat perlahan semakin terasa saat durasi permainan semakin lama, selama ini rasa hangat tersebut masih bisa ditoleransi.
 

Kesimpulan
Huawei berhasil kembali mengeksekusi pemyempurnaan dari seri Huawei P Series terutama dari seri sebelumnya, Huawei P20 Pro. Di Huawei P30 Pro masih disajikan desain gradasi warna yang di edisi Breathing Crystal jauh lebih menawan.
 
Meskipun begitu, rasa dari genggaman Huawei P30 Pro terasa masih sama seperti Huawei P20 Pro. Sedikit perbedaan mungkin di desain poni, tepi layar yang kini melengkung, dan jumlah kamera di bagian belakang yang menjadi empat kamera.
 
Spesifikasinya juga ditingkatkan terutama di sisi kameranya. Kemampuan kameranya menangkap foto seoptimal mungkin dalam berbagai kondisi terutama minim cahaya memang sangat superior.
 
Sedikit minus mungkin kami temukan di performanya apabila membandingkan dengan Huawei P20 Pro. Daya tahan baterai Huawei P30 Pro tidak lebih baik. Huawei P30 Pro tetap menjadi salah satu smartphone premium yang disegani karena kameranya.
 
Huawei P30 Pro saat dirilis dibandero EUR1.099 atau sekitar Rp17,9 juta. Situs Huawei Indonesia menyebut bahwa smartphone mulai bisa dipesan mulai dari tanggal 12 April 2019, tanpa disebutkan harganya.
Huawei P30 Pro Spesifikasi
Prosesor Kirin 980
RAM 8GB
OS EMUI 9.1 (Android 9.0 Pie)
GPU Mali-G76
Memori Internal 256GB
Kamera Kamera Belakang 40MP + 20MP + 8MP + Huawei TOF
 
Kamera Depan 32MP
Baterai 4.200 mAh
Layar 6,47 inci OLED 2340 x 1080 piksel
Harga TBA
9.5
Huawei P30 Pro
Plus
  • Warna edisi Breathing Crystal
  • Teknologi kamera belakang canggih
  • Kualitas kameranya memuaskan
  • Kapasitas RAM besar
Minus
  • Daya tahan baterai tidak lebih dari Huawei P20 Pro

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif