ViewSonic TD1655
ViewSonic TD1655

Review Monitor

Review Monitor Portabel ViewSonic TD1655

Teknologi teknologi hardware viewsonic review monitor
Mohammad Mamduh, Cahyandaru Kuncorojati • 05 November 2020 16:00
Jakarta: ViewSonic sudah dikenal sebagai produsen perangkat visual seperti monitor dan proyektor. Produk terbaru yang datang ke meja pengujian redaksi teknologi Medcom.id bisa terbilang cukup unik.
 
Bukan dua jenis yang disebutkan sebelumnya, perangkat ini berupa layar tambahan bernama ViewSonic TD1655. Sesuai perannya, ia merupakan perangkat yang dapat menampilkan visual kedua dari smartphone atau laptop, dan bisa juga terhubung dengan perangkat lain yang sesuai.
 
Salah satu target konsumennya adalah pebisnis yang punya mobilitas cukup tinggi, dan sering melakukan pertemuan untuk memberikan materi presentasi atau sekadar diskusi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Review Monitor Portabel ViewSonic TD1655
 
Review Monitor Portabel ViewSonic TD1655
 
ViewSonic TD1655 dirancang seringkas mungkin, terlihat dari bodinya yang cukup tipis dan berat sekitar 1 Kg. Dengan bentang layar 15,6 inci berpanel IPS, Anda bisa menganggapnya seperti membawa laptop tambahan tanpa memakan ruang yang lebih luas di ransel. Ia telah dilengkapi penyangga yang dapat dibuka dengan sudut hingga 90 derajat.
 
Dengan sudut tersebut, layar dapat berdiri pada sudut 60 derajat, cocok saat posisi perangkat berada cukup rendah, atau dengan kata lain ia berada di atas meja yang cukup pendek. Tidak berbaterai, ViewSonic TD1655 dapat beroperasi memanfaatkan adapter bawaan atau adapter smartphone selama kebutuhan dayanya sesuai. Faktor pendukungnya adalah adopsi USB-C yang juga berfungsi sebagai penghubung dengan smartphone atau tablet.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i9-10900K, AMD Ryzen 7 3800XT
Motherboard  ASUS ROG Strix Z490-E Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM  HyperX Fury DDR4 3200MHz16GB (2x8GB)
VGA  ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, Sapphire Pulse RX 5700 XT 8G
Pendingin  Noctua NH-U12S Chromax Black, Noctua NH-D15 Chromax Black
Storage WD Black SN750 1TB, Lexar NM500 512GB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS ROG Swift PG258Q, ViewSonic VX2485-MHU
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Pengoperasiannya sangat mudah. ViewSonic TD1655 langsung menampilkan proyeksi dari perangkat yang terhubung. Anda bisa memanfaatkanya lewat port HDMI atau USB-C. Perlu diingat bahwa ia tidak punya baterai, sehingga satu port USB-C sudah pasti dipakai sebagai penyedia daya.
 
Salah satu keunggulannya adalah ia juga telah mendukung mode layar sentuh, selama perangkat yang terhubung juga mendukung. Sebagai contoh, saat terhubung dengan smartphone, Anda bisa mengoperasikan antarmukanya langsung pada layar ini, dari menonton YouTube sampai bermain game.
 
Ini berarti ia punya navigasi yang lebih baik saat pengguna memberikan materi presentasi. Jika ingin terlihat lebih profesional, ViewSonic TD1655 sudah menyediakan pena khusus untuk input perintah dalam paket penjualan. Kekurangannya, pena ini tak punya tempat penyimpanan sendiri di bodi monitor portabel tersebut.
 
Review Monitor Portabel ViewSonic TD1655
 
Resolusi Full HD membuat ViewSonic TD1655 punya tampilan visual yang familier kepada penggunanya, termasuk saat pertama kali penggunaan. Mereka tak perlu repot mengakses menu pengaturan melalui tombol di belakang layar. Menu pengaturan ini juga menyediakan beberapa pilihan kustomisasi, termasuk profil penggunaan.
 
Sebagai monitor portabel, ia telah menyediakan fitur yang sesuai, ditambah dengan kualitas visual yang memadai. Elemen warna yang tersedia juga cukup akurat dan tajam sesuai dengan kemampuan panel IPS. Ditambah lagi, ia juga punya alas khusus dalam paket penjualan, yang bisa menopang beberapa macam sudut pandang penggunaan.
 
Kesimpulan
Di Indonesia, harga ViewSonic TD1655 adalah Rp4.550.000, cukup menarik untuk sebuah monitor portabel yang mendukung touch screen. Pengoperasiannya juga sangat simpel, dan mendukung berbagai skenario penggunaan.
 
Tak lupa dengan bodinya yang cukup tipis, berat cukup ringan, ditambah antarmuka yang lengkap dan speaker bawaan. Untuk mereka yang punya mobilitas tinggi dan cukup sering melakukan rapat dengan tim atau klien, monitor portabel ini layak untuk dipertimbangkan.
 
 
8.5
ViewSonic TD1655
Plus
  • Bobot ringan
  • Bodi tipis
  • Penggunaan mudah
Minus
  • Pena disimpan terpisah

 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif