ASUS ROG Strix X570-E Gaming.
ASUS ROG Strix X570-E Gaming.

Menjajal Duet ASUS ROG Strix X570-E Gaming dan Ryzen 7 3700X

Teknologi asus hardware review motherboard asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 16 September 2019 12:15
Jakarta: Menyambut jajaran prosesor AMD Ryzen generasi terbaru, produsen motherboard ikut memperbarui platform mereka. Caranya adalah dengan menyediakan produk yang sudah menggunakan chipset AMD X570.
 
Di segmen gaming, ASUS memperkenalkan motherboard ROG Strix X570-E Gaming. Mengusung AMD X570 seperti menegaskan bahwa motherboard ini mendukung jajaran tertinggi prosesor AMD Ryzen 3. Namun, pengguna yang masih menggunakan prosesor AMD Ryzen 2 juga masih tetap bisa mengandalkan motherboard ini.
 
Ya, hal baik dari chipset dan jajaran motherboard untuk prosesor AMD adalah mereka masih mendukung satu generasi sebelum prosesor terbarunya. ASUS ROG Strix X570-E Gaming juga masih mendukung AMD Ryzen 3 jenis APU. Hal tersebut diketahui dari proses pengujian varian prosesor AMD Ryzen 3 lain yang Medcom.id sedang lakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Membahas ASUS ROG Strix X570-E Gaming, motherboard ini mengusung form factor ATX. Melihat desainnya motherboard ini jelas memiliki tampilan high-end. Di beberapa bagian cover juga terdapat LED RGB yang menyala sangat kuat saat Medcom.id pasang, pas bagi pengguna yang ingin motherboard PC mereka punya daya tarik.
 
Menjajal Duet ASUS ROG Strix X570-E Gaming dan Ryzen 7 3700X
 
Soal fitur, ASUS ROG Strix X570-E Gaming tergolong sangat melimpah. Tersedia empat slot DIMM atau RAM DDR4 kapasitas maksimal 128GB, yang bisa mendukung frekuensi hingga 4400MHz dalam mode OC untuk AMD Ryzen 3. Sementara saat digunakan bersama AMD Ryzen 2 bisa mencapai 3600MHz di mode OC.
 
Di sisi akses memori penyimpanan data, ASUS ROG Strix X570-E Gaming menyediakan port SATA 6GBps sangat banyak, tapi slot M.2 PCIe SSD lebih sedikit dibandingkan merek lain. Di antaranya adalah delapan port SATA dan hanya dua slot M.2 PCIe SSD. Padahal di pasar kebanyakan menyediakan tiga slot.
 
Pada saat pemasangan M.2 di slot yang tersedia, Medcom.id menemukan sedikit kesulitan. Cover heatsink slot M. 2 yang disediakan berada di lapisan bawah cover chipset heatsink. Jadi kami harus membuka cover chipset heatsink terlebih dahulu untuk bisa mengakses baut cover heatsink slot M.2.
 
Untuk kebutuhan kartu grafis tersedia dua slot PCIe 4.0 yang berjalan di mode x16 dan x8. Keduanya hadir dengan desain metal-plated. Bagi pengguna prosesor AMD Ryzen jenis APU atau yang terintegrasi dengan GPU Radeon Vega, ASUS ROG Strix X570-E Gaming menyediakan port HDMI dan DisplayPort di bagian I/O Port.
 
Sebagai panduan menggunakannya, motherboard ini memiliki ASUS Q-LED dan ASUS Q-Code yang bisa dengan mudah mengetahui komponen hardware yang bermasalah sehingga PC tidak bisa menyala sempurna.
 
Pada bagian ASUS Q-LED terdapat LED yang mewakili komponen CPU, DRAM, VGA, dan proses booting. ASUS Q-Code menampilkan code status sistem saat terjadi error pada komponen hardware yang terpasang di hardware.
 
Sebagai motherboard terbaru yang membawa fitur dari chipset AMD X570, kini sudah mendukung koneksi WiFi 6 AX200 dari modem Intel yang mengusung dual-band 2,4Ghz dan 5GHz. ASUS mengklaim kecepatannya datanya bisa mencapai 2,4Gbps. ASUS ROG Strix X570-E Gaming juga hadir dengan antena WiFi di dalam paket penjualannya.
 
Pada konektivitas LAN tersedia dua port ethernet yang salah satunya didukung Realtek 2,5G LAN. Satu lagi menggunakan kontroler Intel Gigabit LAN. Fitur software pendukung konektivitasnya disediakan Anti-Surge LANGuard dan paket lengkap ROG GameFirst. Tidak ketinggalan ada koneksi Bluetooth 5.0.
 
Menjajal Duet ASUS ROG Strix X570-E Gaming dan Ryzen 7 3700X
 
Di bagian panel I/O Port, ASUS ROG Strix X570-E Gaming selain tersedia Display Port dan HDMI ada empat port USB 3.2 Gen2, tiga port USB Type-A dan satu port USB Type-C.
 
Bagaimana Performanya?
Motherboard ASUS ROG Strix X570-E Gaming kami uji dengan menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 3700X dengan menggunakan dua kartu RAM Apacer Panther RAGE 2400MHz 8GB sehingga total tersedia RAM 16GB. Kemudian kartu grafisnya menggunakan AMD Radeon RX 5700.
 
Dalam pengujian ini Medcom.id melengkapi motherboard ASUS ROG Strix X570-E Gaming dengan perangkat testbed yang dimiliki Medcom.id. Dalam pengujian pertama adalah PCMark dan 3DMark dari UL Benchmarks, dan Cinebench R20.
Testbed Medcom.id
Prosesor Intel Core i9-9900K, AMD Ryzen 7 3700X
Motherboard ASUS TUF Z390 Plus Gaming, ASUS ROG Strix X570-E Gaming
RAM HyperX Fury DDR4 3200MHz (2x8GB)
VGA ASUS ROG Strix RTX 2060 Gaming 6G OC, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin Noctua NH-L12S, Noctua NH-L9x65
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Western Digital Black SN750 1TB, Seagate Barracuda 8TB
PSU Corsair RM 850X
Monitor ASUS ROG Swift PG258Q
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

Tujuan untuk mengetahui performa dari prosesor serta kartu grafis yang terpasang dengan mengandalkan motherboard ASUS ROG Strix X570-E Gaming. Dari hasil pengujian tercatat motherboard ini bisa menunjukkan performa tergolong baik dari prosesor yang terpasang.
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 multi Cinebench R20 single
SKOR: 5789 20559 4888 494

Kemudian pengujian selanjutnya adalah menggunakan testbed yang terpasang di ASUS ROG Strix X570-E Gaming untuk memainkan tiga game di resolusi 1920x1080p dan kualitas grafis Ultra. Nantinya Medcom.id akan mencatat frame rate (fps) yang dihasilkan selama game berjalan.
 
Menjajal Duet ASUS ROG Strix X570-E Gaming dan Ryzen 7 3700X
Dari catatan Medcom.id, prosesor AMD Ryzen 7 3700X di motherboard ASUS ROG Strix X570-E Gaming mampu menyajikan frame rate rata-rata yang tergolong tinggi mampu mencapai di atas 60fps.
 
Kesimpulan
ASUS ROG Strix X570-E Gaming cukup menjanjikan untuk mendukung prosesor AMD Ryzen terbaru. Ditambah kompatibilitas motherboard ini yang sudah siap digunakan mendukung AMD Ryzen 3 jenis APU.
 
Kemudian motherboard ini juga disebut masih mendukung seri AMD Ryzen sebelumnya. Di sisi fitur ASUS ROG Strix X570-E Gaming sudah sangat lengkap, bagi pengguna penyimpanan data jenis SATA mungkin akan bisa memiliki memori yang berlimpah.
 
Namun, bagi pengguna yang sudah menggemari menggunakan M.2 PCIe SSD, maka akan mengeluhkan jumlah slot M.2 yang kini hanya disediakan dua buah. Akses slot M.2 cukup repot karena berada di lapisan bahwa cover heatsink chipset.
 
Soal konektivitas, ASUS ROG Strix X570-E Gaming sudah siap menyambut koneksi WiFi 6 yang memiliki kecepatan lebih kencang lagi. Koneksi WiFi maupun LAN di motherboard ini sudah mendkung frekuensi dual-band. Motherboard ini dibanderol mulai dari Rp6 juta.
ASUS ROG Strix X570-E Gaming
Plus
  • Desain gagah
  • Fitur lengkap
  • Performa memuaskan
  • Sudah mendukung koneksi WiFi 6
  • Mendukung AMD Ryzen jenis APU
Minus
  • Slot M.2 kini hanya tersedia dua
  • Harga agak tinggi


 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif