Review Laptop

Gigabyte Aero 15w-v8, Naik Kelas Pakai Intel Generasi ke-8

Cahyandaru Kuncorojati 30 April 2018 10:45 WIB
gigabytereview laptop
Gigabyte Aero 15w-v8, Naik Kelas Pakai Intel Generasi ke-8
Gigabayte Aero 15w-v8.
Jakarta: Hadirnya prosesor terbaru Intel Generasi ke-8 atau Coffee Lake membuat setiap vendor menyiapkan laptop terbarunya yang hadir dengan prosesor tersebut, termasuk Gigabyte.

Medcom.id sudah pernah mengulas laptop Gigabyte Aero, dan laptop ini selalu berhasil menghadirkan laptop tipis dan bertenaga untuk kebtuhan gaming sekaligus profesional.

Kini Gigabyte kembali merilis varian terbaru dari laptop Aero tepatnya dari seri Aero 15w-v8 yang sudah menggunakan prosesor Intel Coffee Lake Core i7-8750H. Pertanyaan kami adalah, apakah seri terbaru Aero 15 hanya hadir dengan prosesor terbaru saja?


Desain Masih Minimalis dengan Wajah Lama
Kami sangat setuju Aero 15w-v8 hadir dengan desain yang terbilang tipis di kelas laptop gaming, hampir setipis ultrabook. Laptop ini memiliki dimensi 14 x 9,8 x 0,74 inci dengan bobot yang lagi-lagi masih saangat ringan yakni 2 kg. 

Gigabyte Aero 15w-v8 hadir dengan desain minimalis yang membuat laptop gaming ini masih bisa diajak ke acara dengan tema formal karena sama sekali tidak kental dengan nuansa laptop gaming pada umumnya.

Sayangnya wajah dari laptop ini masih belum mengalami perubahan. Bagian luar laptop ini memiliki gaya dan aksen yang sama seperti Aero 14-k7 yang pernah kami ulas sebelumnya, ada aksen garis jingga di bagian cover dan logo GIGABYTE.



Perbedannya, di laptop ini sekarang logo tersebut menyala berwarna putih. Beralih ke bagian dalamnya, desainnya tidak berbeda dengan Aero 15X yang juga pernah kami ulas. Mulai dari layar dengan bezel tipis hanya 5mm sehingga posisi webcam berubah di bagian bawah layar.

Anda tidak akan lagi menemukan logo bertuliskan GIGABYTE di atas webcam tersebut karena kini sudah diganti dengan logo AERO dengan gaya huruf yang menurut kami sangat pas.



Keyboard hadir lengkap dengan numpad. Lagi-lagi butuh waktu bagi penggunanya untuk beradaptasi menggunakannya karena keyboard ini memiliki ukuran yang cukup sempit meskipun tombolnya ringan dan cukup tactile untuk gaming.

Tidak ketinggalan keyboard tersebut juga hadir dengan backlit RGB yang juga bisa ditemukan pada Aero 15X dan bisa dikustomisasi. Selain itu backlit ini hadir dengan opsi intensitas cahaya, sedeikit menyala atau menyala terang sekali.



Refresh Rate Layar 144Hz
Gigabyte tidak hanya sombong dari sisi desain tipis dan bobot ringan. Kali ini Aero 15w-v8 memiliki layar yang bisa dipamerkan karena laptop ini hadir sebagai yang pertama di dunia dengan resolusi layar Full HD 144Hz IPS Panel ukuran 15,6 inci.

Refresh rate layar tersebut terbilang tertinggi untuk laptop gaming sehingga mampu menyuguhkan tampilan yang lebih halus. 



Kualitas warna yang didukung X-Rite Pantone juga masih ditemukan, mendukung profesional yang kegiatannya membutuhkann akurasi warna. Misalnya, penyuntingan foto dan video serta desain.

Kemampuan ini cukup mempertegas Giagbyte Aero 15w-v8 masih mengadopsi unsur khas, yakni menyajikan laptop gaming yang benar-benar bisa diandalkan untuk kebutuhan profesional.

I/O Ports Lengkap dan Kaya Fitur
Tipis bukan berarti hadir dengan sedikit I/O Ports, disini Gigabyte Aero 15w-v8 kembali dipuji. Laptop ini hadir dengan dua port USB 3.1 Gen1 Type-A, satu USB port 3.1 Gen2 Type-A, dan satu port USB Thunderbolt 3 Type-C.

Kemudian masih tersedia port lainnyya seperti HDMI 2.0, mini-DisplayPort 1.4, headphone jack, port RJ-45, dan SD Card reader. Untuk konektivitasnya tersedia LAN 802.11ac dan Bluetoothh 4.2. Lalu webcam yang melekat menyediakan resolusi HD.



Untuk fitur berupa aplikasi bawaan, Gigabyte Aero 15w-v8 masih hadir membawa aplikasi yang sama seperti sebelumnya yang fokus bagi penggunanya yyang ingin tampiil sebagai vlogger.

Tersedia aplikasi bernama Xspplit Gamecaster dan TriDef SmartCam yang membantu penggunanya melakukan broadcasting kegiatan gamingnya tanpa harus banyak melakukan penyuntingan atau menggunakan aplikasi lainnya.


Performa yang Masih Bisa Diandalkan
Terlepas dari desainnya yang ramping. Gigabyte Aero 15w-v8 sangat bisa diandalkan. Dapur pacunya mengandalkan prosesor Intel Coffee Lake Core i7-8750H (2,2GHz-4,1GHz) dengan dukungan RAM bawaan varian 8GB dan 16GB DDR4 2666Mhz.

Untuk yang kami uji saat ini menggunakan RAM kapasitas 16GB dengan kapasitas memori penyimpanan menggunakan SSD 512GGB M.2. Kabar baiknya, Gigabyte Aero 15w-v8 masih bisa upgrade kapasitas RAM menjadi 32GB dan memori karena tersedia dua slot M.2SSD yang mendukung NVMe PCIe dan SATA.

Untuk kartu grafisnya sendiri menggunakan NVIDIA GTX 1060 GDDR5 VRAM 6GB yang menurut kami ini sudah sangat cukup untuk bisa diandalkan apabila dana yang Anda miliki tidak memungkinkan memiliki laptop dengan kartu grafis yang lebih tinggi.

Pada pengujian sintetik menggunakan sofware, laptop ini mampu meneghasilkan skor yang sangat tinggi di beragam pegujian yang menunjukkan kecepatann kerjanya dan performa yang bisa diandalkan untuk kegiatan gaming maupun editing foto dan video.



Sayangnya, laptop ini kerap gagal dalam pengujian baterai menggunakan tools yang tersedia di PCMark 8 bagian Creative, alhasil kami melakukannya dengan simulasi langsung. Skenario yang kami lakukan adalah menggunakan laptop ini untuk mengetik, browsing dan memutar lagu dengan kondisi keterangan cahaya layar 50 persen serta backlit RGB yang menyala maksimal.

Hasilnya, Gigabyte Aero 15w-v8 mampu bertahan hingga 5 jam 8 menit. Untuk digunakan gaming laptop ini mampu menyajikan daya tahan sekitar 3 jam dengan kondisi cahya monitor 50 persen dan konfigurasi grafis di tingkat Ultra. Hal teersebut membuat kipas laptop bekerja cukup kencang dengan bunyi yang bising tapi masih bisa ditolerir.

Pada pengujian frame rate menggunakan tiga game di konfigurasi grafis tingkat Ultra laptop mampu menyajikan rata-rata frame rate menembus 30fps. Hasil ini tergolong sangat baik untuk sebuah laptop gaming yang dimensi bodi ramping.



Berhubung Gigabyte Aero 15w-v8 adalah laptop gaming pertama dalam database kami yang menggunakan prosesor Intel Generasi ke-8 atau Coffee Lake, kami belum bisa menemukan lawan setara.

Kesimpulan
Gigabyte Aero 15w-v8 sekali lagi harus kami puji karena masih menyajikan performa yang baik dari bodinya yang ramping, dengan catatan Medcom.id berharap seri selanjutnya harus memiliki desain yang segar.

Selain itu mungkin alangkah baiknya apabila kombinasi numpad di sebelah kiri dihilangkan sehingga ukuran keyboard tidak terlalu rapat. Untuk sebagian orang ini mungkin juga tidak bermasalah karena tombol keyboard cukup nyaman dan tactile.

Dibanderol harga Rp30 juta memang bukan harga laptop gaming yang tergolong murah, tapi apabila dibandingkan laptop yang harganya di atas Gigabyte Aero 15w-v8 dengan dimensi yang masih bongsor, Gigabyte Aero 15w-v8 pasti langsung kami pilih.
 
  GIGABYTE Aero 15w-v8
Ukuran Layar 15,6 inci FHD 144 Hz (1920x1080)
CPU Intel 8th Gen Core i7-8720H
GPU NVIDIA GTX 1060 GDDR 6GB
RAM 16GB up to 32GB
Storage 512 M.2 SSD (upgradeable 2 slot) 
Bobot 2 kg
Harga Sekitar Rp30 juta
 
 
9.5
GIGABYTE Aero 15w-v8
Plus
  • Desain ramping dann bobot ringan
  • Layar lega dan bezel-less
  • Sudah menggunakan prosesor Intel terbaru
  • Performa memuaskan
  • Daya tahan baterai sudah sangat baik dii kelasnya
Minus
  • Tampilan luar tidak ada perubahan
  • Keyboard terlalu rapat

 



(MMI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Medcom.id

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
  • Motherboard: ASUS PRIME Z370-A, MSI X470 Gaming Plus
  • VGA: Colorful iGame GTX 1070 X-TOP-8G, ASUS Strix Vega 64
  • RAM: Apacer Panther RAGE 2400MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Apacer Panther AS340 240GB + Seagate Barracuda 8TB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Mouse: Logitech G903, Logitech G603
  • Keyboard: Logitech G610 Orion, Logitech G613
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark, CineBench R15 Gaming (PC): The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity - Escalation, Far Cry 5 Gaming (Mobile): PUBG Mobile

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak untuk benchmark, kami hanya memilih dua berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.