ASUS ROG Zephyrus M GU502.
ASUS ROG Zephyrus M GU502.

Review Notebook

ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti

Teknologi asus review laptop asus rog
Cahyandaru Kuncorojati • 10 September 2019 08:46
Jakarta: ASUS ROG di bulan Juli lalu memperkenalkan tiga laptop gaming tipis ROG Zephyrus terbarunya. Beberapa waktu lalu kami sudah mengulas ASUS ROG Zephyrus S GX502 dan kini Medcom.id berkesempatan menguji ROG Zephyrus M GU502.
 
Selama beberapa tahun Medcom.id selalu tertarik untuk mengulas jajaran ROG Zephyrus. Kami penasaran seberapa sukses ASUS ROG membawa laptop gaming powerful dalam form factor tipis dan ringan.
 
Selama itu juga ASUS ROG Zephryus identik dengan harga banderol yang tergolong tinggi. Tidak ada yang heran atau memprotes harganya mengingat kombinasi spesifikasi powerful dengan bodi tipis adalah impian semua gamer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ASUS ROG Zephyrus M GU502 sangat menarik. Laptop gaming tipis ini memadukan prosesor Intel Generasi ke-9 Core i7-9750H yang masih menjadi keluarga terbaru Intel dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti yang berada di posisi kelas menengah.

1. Desain

Soal desain, Medcom.id termasuk yang ikut mengidolakan laptop gaming tipis ini. Membandingkan dengan seri ASUS ROG Zephyrus M (GM501) tampilan laptop ini terlihat agak sedikit berbeda. Hal paling jelas terlihat adalah hilangnya tepian berwarna emas.
 
ASUS ROG Zephyrus M GU502 terlihat lebih mirip dengan saudaranya yaitu ASUS ROG Zephyrus S GX502 yang sebelumnya Medcom.id sudah ulas. Laptop ini dibalut dengan warna hitam yang membuatnya lebih low-profile tapi masih tetap menyajikan kesan gaming saat backlit RGB laptop ini menyala.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
Hal ini menjadi nilai plus karena ASUS ROG Zephyrus M GU502 masih pantas untuk digunakan sebagai laptop bekerja kalangan profesional. Laptop ini memiliki bobot 2,1 kilogram dengan ketebalan kurang dari dua centimeter. Layarnya mengusung ukuran 15,6 inci.
 
Layar laptop ASUS ROG Zephyrus M GU502 mengusung desain NanoEdge Display sehingga memiliki rasio layar ke bodi 16:9 dengan bezel tipis di sisi atas, kanan dan kiri. Sayangnya desain ini harus menghilangkan fitur webcam.
 
Layarnya juga menyajikan resolusi FHD (1920x1080) dengan panel IPS-level dan refresh rate 144Hz response time 3ms. Tidak ketinggalan juga sudah didukung kalibrasi Pantone.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
Di bagian keyboard ASUS ROG Zephyrus M GU502 hadir menyediakan deretan dedicated key untuk mengatur volume, menonaktifkan mikrofon, dan hotkey untuk mengakses fitur ASUS Armoury Crate yang ditanamkan di seluruh laptop ASUS ROG.
 
Melihat ke bagian belakang laptop ini bisa ditemukan bahwa ASUS ROG Zephyrus M GU502 tidak menggunakan desain sistem pendingin Active Aerocooling System yang membuatnya memiliki lubang ventilasi udara yang terbuka.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
ASUS menyebut sistem pendingin laptop ini diganti dengan sistem yang tetap memiliki fitur Anti-Dust Cooling, mencegah debu terhisap dan mengendap di bagian dalam sistem pendingin.

2. Fitur

Masih seperti seri ASUS ROG lainnya, fitur software ASUS ROG Armoury Crate menyediakan fitur konfigurasi performa dan backlit RGB dari keyboard laptop. Selain itu tersedia juga daftar toko aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk mendukung penggunaan laptop ini.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
ASUS ROG Zephyrus M GU502 juga memiliki dua buah speaker 1W yang menggunakan chip audio DAC ESS sehingga menyediakan kualitas audio yang tajam dan tetap bulat meskipun di volume tinggi.
 
Di sisi I/O Port laptop ini masih tetap memiliki port yang lengkap meskipun memiliki bodi ramping. Tersedia dua port USB 3.1 Type-A Gen1, satu USB Type-Ca dan Type-A 3.1 Gen2 serta port combo audio jack.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
Nilai plus lainnya adalah masih tersedia ethernet port dan port HDMi yang selama ini banyak abses di laptop berbodi ramping dan diganti dengan USB Thunderbolt atau USB Type-C. Di konektivitas laptop gaming ini masih mengadopsi dukungan WiFi 5 dan Bluetooth.

3. Bagaimana Performanya?

ASUS ROG Zephyrus M GU502 hadir dengan dapur pacu yang tergolong tinggi karena menggunakan prosesor Intel Generasi Core i7-9750H yang didukung sistem operasi Windows 10 dan SDRAM 8GB DDR4 2666MHz.
 
Di sisi memori penyimpanan data disediakan M.2 NVMe PCIe SSD 512GB. Tidak ketinggalan kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti VRAM 6GB GDDR6. Medcom.id kemudian melakukan pengujian kemampuan prosesor dan kartu grafisnya.
PENGUJIAN: PCMark 10 3DMark Fire Strike Cinebench R20 Single Cinebench R20 Multi
SKOR: 5158 12666 442 2581

Melihat angka hasil pengujian dari benchmark,ASUS ROG Zephyrus M GU502 memiliki performa yang tergolong tinggi berkat prosesor dan kartu grafis yang digunakan.
 
Medcom.id kembali melakukan pengujian kali ini untuk mengetahui performa ASUS ROG Zephyrus M GU502 untuk memainkan tiga game kelas AAA di konfigurasi resolusi 1920x1080p dan kualitas grafik Ultra atau tertinggi.
 
Perlu dicatat bahwa kartu grafis yang digunakan sebetulnya berada di posisi menengah sehingga mungkin performa frame rate yang disajikan di tingkat kualitas grafis Ultra mungkin tidak menembus jauh di atas 60 fps.
 
Namun, penggunaan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti jelas mampu memangkas harga laptop ini. Hasil pengujian Medcom.id, laptop ASUS ROG Zephyrus M GU502 masih mampu menyajikan performa mulus di kualitas grafis Ultra di beberapa game.
 
ASUS ROG Zephyrus M, Tipis Pakai Intel Core i7 dan NVIDIA GTX 1660 Ti
 
Dalam pengujian baterainya, Medcom.id menggunakan skenario Modern Office di PCMark 10. Hasilnya sangat memuaskan, dalam kondisi backlit nonaktif, kecerahan layar 50 persen, dan mode Battery Saver yang aktif ASUS ROG Zephyrus M GU502 bisa bertahan hingga lima jam 15 menit.
 
Kesimpulan
Meskipun bukan yang paling tipis dibandingkan dua saudara ROG Zephyrus lain, tapi ASUS ROG Zephyrus M GU502 membuktikan bahwa laptop ini tetap bisa mendukung kebutuhan bekerja sekaligus gaming.
 
Penggunaan kartu grafis NVIDIA GTX 1660 Ti yang tergolong kelas menengah tidak menjadi masalah karena di sisi prosesor laptop ASUS ROG Zephyrus M GU502 tetap mendapatkan prosesor kelas tinggi, Intel Generasi ke-9 Core i7.
 
Bisa dilihat bahwa performanya cukup memuaskan dan tidak perlu cemas untuk bermain game karena laptop ini tetap mampu bermain di kualitas grafis tinggi dengan frame rate rendah setidaknya di angka kisaran 30fps dan di beberapa game bisa menyentuh 60fps.
 
Soal harga, ASUS Zephyrus M GU502 justru menjadi laptop gaming tipis ASUS ROG yang paling terjangkau. Laptop gaming ini dibanderol Rp25,9 juta. Harga ini membuka kesempatan bagi konsumen yang pernah bermimpi memiliki laptop gaming tipis.
SPESIFIKASI ASUS ROG Zephyrus M GU502
Prosesor Intel Generasi ke-9 Core i7-9750H
RAM SDRAM 8GB DDR4 2666MHz
Memori Internal M.2 NVMe PCIe SSD 512GB
Layar 15,6 inci IPS FHD (1920x1080) 144Hz 3ms
GPU NVIDIA GeForce GTX1660 Ti VRAM 6GB GDDR6
Bobot 2,1kg
Dimensi 36 x 26,8 x 1,57cm
Harga Rp25.999.000
9.5
ASUS ROG Zephyrus M GU502
Plus
  • Bodi tipis dan ringan
  • Tampilan low profile
  • Prosesor Intel kelas tinggi
  • Layar refresh rate 144Hz
  • Daya tahan baterai cukup panjang
Minus
  • Kartu grafisnya kurang optimal untuk kualitas Ultra

 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif