Boneka Baby Yoda terlihat menjadi pendamping kru astronaut misi Nasa dan Space X Crew-1. (NASA)
Boneka Baby Yoda terlihat menjadi pendamping kru astronaut misi Nasa dan Space X Crew-1. (NASA)

Baby Yoda Star Wars Dampingi Astronaut Terbang ke ISS

Teknologi antariksa teknologi nasa SpaceX
Cahyandaru Kuncorojati • 17 November 2020 09:26
Jakarta: Dini hari kemarin roket SpaceX dari misi Crew-1 yang menggunakan kapsul Crew Dragon Resilience resmi meluncur menjalankan misi NASA membawa empat astronaut yang akan bertugas di International Space Station (ISS) atau Stasiun Luar Angkasa Internasional.
 
Ini merupakan misi penerbangan komersial pertama NASA, menggunakan teknologi roket buatan perusahaan swasta, bukan mandiri. Menariknya dalam video rekaman perjalanan di ruang awak kapsul Crew Dragon siapapun bisa melihat astronaut membawa boneka.
 
Dikutip dari Space.com, boneka yang dibawa adalah sosok Baby Yoda dari Star Wars atau lebih dikenal dalam serial The Mandalorian yang sedang tayang di Disney Plus. Kenapa astronaut membawa boneka terbang dalam misi mereka?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BACA: NASA dan SpaceX Sukses Terbangkan Misi Perdananya ke Angkasa
 
Jawabannya sudah ramai dibicarakan saat SpaceX Crew Demo-2 di bulan Juni melakukan uji coba keselamatan terbang pada bulan Juni menuju ISS. Dua orang astronaut misi tersebut membawa boneka dinosaurus yang kemudian viral.
 
Dua astronaut misi SpaceX Crew Demo-2, Robert L. Behnken dan Douglas G. Hurley, bahwa masing-masing anaknya diminta menentukan boneka yang akan dibawa terbang dalam misi mereka. Boneka ini bukan kenang-kenangan, melainkan alat pendamping.
 
BACA: Boneka Pendamping Astronaut NASA di Misi SpaceX Jadi Buruan
 
Boneka tersebut menjadi penanda bahwa posisi pesawat atau roket sang astronaut sudah terlepas dari gaya tarik gravitasi Bumi. Kondisi boneka yang melayang menjadi indikator paling mudah untuk astronaut menyadari mereka sudah berada di luar Bumi.
 
Saat gaya tarik gravitasi sudah nol alias tidak berlaku, maka astronaut boleh melepaskan sabuk pengaman di kursi dan melayang melakukan beragam aktivitas di dalam kapsul pesawat.
 
(MMI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif