Ilustrasi.
Ilustrasi.

Anda Bisa Liat Super Snow Moon Malam Ini, Apa Itu?

Teknologi antariksa poptech
Ellavie Ichlasa Amalia • 19 Februari 2019 20:54
Jakarta:Anda bisa memandang fenomena supermoon di langit Indonesia malam ini.
 
Super Snow Moon terjadi ketika Bulan purnama saat ia berada pada jarak paling dekat dengan Bumi. Fenomena super snow moon membuat Bulan terlihat lebih terang dan lebih besar dengan Bumi, meski Anda tidak akan bisa membedakan jarak super snow moon dengan Bulan biasa dengan mata telanjang.
 
Sebagai satelit alami Bumi, Bulan mengitari Bumi. Rata-rata jarak Bulan ke Bumi, menurut space.com, adalah 382,9 ribu kilometer. Namun, jarak terdekat (apogee) dan jarak terjauh (perigee) Bulan ke Bumi selalu berubah setiap siklus rotasi Bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alasan utama mengapa orbit Bulan tidak berbentuk lingkaran sempurna adalah karena ada gaya gravitasi yang menarik Bulan," kata Deputy Scientist dari Lunar Reconnaissance Orbiter, NASA Noah Petro.
 
Dia menjelaskan gravitasi Bumi, matahari, dan planet-planet lain juga memengaruhi orbit Bulan.

 
Menurut BMKG, Bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang ketika ia ada dititik tedekat jika dibandingkan dengan ketika Bulan ada di titik terjauh.
 
"Karena jarak Bumi-Bulan pada malam ini adalah jarak yang paling dekat dalam setahun ini, maka purnamanya disebut sebagai 'purnama perige' atau supermoon!" tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.
 
BMKG juga menjelaskan mengapa supermoon tidak terjadi setiap bulan. Mereka menjelaskan, alasannya adalah karena waktu dari satu purnama ke purnama lain selalu berbeda. Selain itu, waktu Bulan mencapa titik perige ke titik perige berikutnya juga berbeda.
 
"Pada hari ini, Bulan berada di perige pada pukul 16:02 WIB, dengan jarak Bumi-Bulan sejauh 356.761 km. Enam jam 51 menit kemudian, atau pukul 22:53 WIB, Bulan berada pada fase purnama," kata BMKG.
 

(MMI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif